Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

PAN Usulkan Parliamentary Threshold 2024 Tetap 4 Persen

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/faisal-aristama-1'>FAISAL ARISTAMA</a>
LAPORAN: FAISAL ARISTAMA
  • Jumat, 13 November 2020, 20:17 WIB
PAN Usulkan <i>Parliamentary Threshold</i> 2024 Tetap 4 Persen
Wakil Ketua Umum PAN, Viva Yoga Mauladi/Ist
rmol news logo Ambang batas parlemen atau parliamentary threshold yang telah diterapkan pada pemilu 2019 dirasa masih cocok untuk kembali dipakai di pemilu 2024 mendatang.

Atas dasar itu, Partai Amanat Nasional (PAN) pun mengusulkan angka ideal parliamentary threshold (PT) 4 persen di Pemilu 2024.

"PAN berpandangan bahwa berapa threshold efektif di pemilu 2024, adalah tetap saja sebesar 4 persen," ujar Wakil Ketua Umum PAN, Viva Yoga Mauladi dalam keterangannya di Jakarta, Jumat (13/11).

Ada beberapa alasan yang mendasari PAN mengusulkan ambang batas parlemen 4 persen. Pertama, PT 4 persen baru satu kali diterapkan di pemilu. "Nanti kita evaluasi secara bertahap atas kebijakan ini," kata dia.

Kedua, sirkulasi dan regenerasi berdemokrasi harus dibuka untuk menghasilkan sistem pemilu yang kuat dan berkualitas.

Selanjutnya, aspek proporsionalitas sebagai syarat pemilu yang baik dan demokratis harus dijaga, tidak hanya sekadar pertimbangan karena kepentingan politik yang menutup udara bagi tumbuhnya partai politik baru.

Namun demikian, Viva Yoga menegaskan bahwa pihaknya tidak khawatir berapa pun angka PT dalam pemilu 2024 mendatang. PAN hanya mengajak semua pihak untuk berpolitik dengan akal sehat.

"PAN siap menghadapi pemilu 2024. PAN hanya ingin mengajak kepada seluruh komponen bangsa untuk berpolitik secara akal sehat. Berpolitik yang memakai rasionalitas dengan menerapkan prinsip-prinsip demokrasi melalui keputusan politik," tutupnya. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA