Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Ketua DPD Minta Pemprov Banten Segera Atasi 96 Desa Tertinggal

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/ahmad-kiflan-wakik-1'>AHMAD KIFLAN WAKIK</a>
LAPORAN: AHMAD KIFLAN WAKIK
  • Sabtu, 14 November 2020, 19:26 WIB
Ketua DPD Minta Pemprov Banten Segera Atasi 96 Desa Tertinggal
Ketua DPD RI AA LaNyalla Mahmud Mattalitti di kediaman Abah Syari di Ciomas, Serang, Banten/Net
rmol news logo Sebanyak 96 desa di Banten yang masih masuk kategori desa tertinggal mendapat sorotan Ketua DPD RI AA La Nyalla Mahmud Mattalitti, saat melakukan kunjungan kerja ke Serang, Banten, Sabtu (14/11).
Selamat Menunaikan Ibadah Puasa

“Data dari Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Provinsi Banten, masih ada 96 desa yang masuk kategori tertinggal dan sangat tertinggal," ujar LaNyalla usai membuka FGD di Pendopo Gubernur Banten yang mengambil tema ‘Evaluasi Kebijakan DPD RI dalam Transfer Daerah di Provinsi Banten.’

Dari 96 desa itu, kata LaNyalla, sebanyak 48 di antaranya masuk kategori desa tertinggal. Sementara sisanya adalah desa sangat tertinggal untuk kurun waktu hingga 2020 ini.

LaNyalla berharap Pemprov Banten bersama pemkot dan pemkab segera mengatasi keadaan tertinggal di desa-desa tersebut.

“Kita harus berlari untuk bisa mengangkat kesejahteraan rakyat. Kasihan warga di desa tertinggal ini jika tidak kita angkat kesulitan-kesulitannya,” sebut senator asal Dapil Jawa Timur itu.

LaNyalla memahami, banyak program kerja pemda yang harus ditunda sebagai dampak dari pandemi Covid-19. Hanya saja, menurutnya, pemerintah setempat juga tidak bisa mengabaikan kebutuhan warganya.

"Covid-19 ini memang mengakibatkan berbagai program di daerah tidak bisa dilakukan. Tapi saya harap pemda juga tetap memperhatikan desa-desa tertinggal ini. Jangan karena Covid mereka kemudian tidak lagi jadi perhatian," jelasnya.

LaNyalla juga berharap, desa-desa tertinggal di Banten bisa segera diatasi. Program untuk desa tertinggal yang tertunda di tahun ini, kata LaNyalla, bisa segera dikerjakan pada 2021.

"Tahun depan harus berkurang desa-desa tertinggal. Infrastruktur di desa-desa juga harus ditingkatkan agar warga bisa lebih mudah dalam menjalani kehidupan sehari-harinya," ucapnya.

"Jangan lagi ada anak sekolah harus menyeberang sungai dengan rakit yang membahayakan karena jembatan rusak seperti yang kita temukan di Lebak beberapa waktu lalu,” sambung LaNyalla.

LaNyalla juga meminta para senator dapil Banten untuk lakukan pemantauan serius terhadap masalah desa tertinggal di wilayahnya. Ia menegaskan, DPD RI harus selalu hadir di tengah-tengah rakyat.

Sebelum bertolak kembali ke Jakarta, LaNyalla menyempatkan berkunjung ke kediaman KH Syari di Ciomas, Serang, Banten.

Selain silaturahim dan berbincang, LaNyalla juga meminta doa dari Abah Syari, panggilan akrab tokoh masyarakat Banten tersebut. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA