Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Tindak Tegas Pelanggar Protokol Kesehatan Termasuk Kegiatan HRS, Ombudsman: Kasihan Para Pejuang Medis!

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/faisal-aristama-1'>FAISAL ARISTAMA</a>
LAPORAN: FAISAL ARISTAMA
  • Sabtu, 14 November 2020, 20:26 WIB
Tindak Tegas Pelanggar Protokol Kesehatan Termasuk Kegiatan HRS, Ombudsman: Kasihan Para Pejuang Medis<i>!</i>
Habib Rizieq Shihab/Net
rmol news logo Aparat keamanan hingga Satgas Penanganan Covid-19 diminta untuk tidak tebang pilih dalam menindak tegas pelanggaran protokol kesehatan.

Hal itu berkenaan dengan berbagai kegiatan Imam Besar Front Pembela Islam (FPI) Habib Rizieq Shihab yang dinilai abai menerapkan protokol kesehatan di masa pandemi Covid-19.

Demikian disampaikan anggota Ombudsman RI Ninik Rahayu kepada wartawan, Sabtu (14/11).  

"Harusnya aparat kemanan dapat bertindak tegas kepada siapapun yang melanggar protokol kesehatan, tidak tebang pilih. Saat penjemputan di Bandara, protokol kesehatan kan tidak dijalankan," kata Ninik.

"Saya pikir itu saja, tidak akan berlanjut, tapi sepertinya dua hari ini masih ada pertemuan-pertemuan," imbuhnya.

Bagi Ninik, ketika protokol kesehatan diabaikan maka pada saat yang sama beban tenaga medis bertambah.

"Kasihan lah para pejuang protokol kesehatan, paramedis, petugas keamanan, petugas pemerintah," sambungnya.

Menurut Ninik, sosok Habib Rizieq banyak pengikutnya dan juga salah seorang yang mudah ditiru oleh warga. Jika tidak ada tindakan tegas kepada dia, maka Indonesia diyakini akan mengalami masalah besar dalam hal penerapan protokol kesehatan Covid-19.

"Harusnya aparat kemanan dapat bertindak tegas kepada siapa pun yang melanggar protokol kesehatan, tidak tebang pilih. Kalau sudah diingatkan, tapi masih dilanggar. Maka law enforcement harus ditegakkan," tegasnya.

Kapolda Jawa Barat (Jabar) Irjen Rudy Sufahriadi sebelumnya menyebut acara Rizieq Shihab yang dihadiri ribuan warga di Megamendung, Bogor, mengabaikan protokol kesehatan Covid-19. Dia pun bakal membawa ini dalam rapat evaluasi bersama Satgas Covid-19.

"Secara protokol kesehatan masih banyak sekali, nomor satu kerumunan orang, nomor dua jaga jarak, yang ketiga yang pakai masker masih banyak yang tidak pakai," kata Rudy usai menghadiri acara Hari Ulang Tahun Brimob di Markas Brimob Polda Jawa Barat, Sumedang, Sabtu (14/11). rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA