Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Soal Wakil Gubernur, Ini Saran Bagi Partai Pengusung Nova Iriansyah

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/agus-dwi-1'>AGUS DWI</a>
LAPORAN: AGUS DWI
  • Sabtu, 14 November 2020, 23:52 WIB
Soal Wakil Gubernur, Ini Saran Bagi Partai Pengusung Nova Iriansyah
Pengamat politik Universitas Syiah Kuala, Effendi Hasan/Istimewa
rmol news logo Polemik Wakil Gubernur Aceh yang kosong setelah Nova Iriansyah dilantik jadi Gubernur Aceh masih terus bergulir. Terlebih belum ada calon yang resmi diajukan partai-partao pengusung, meski waktu yang dimiliki tidaklah banyak.

Menurut pengamat politik Universitas Syiah Kuala, Effendi Hasan, partai politik pengusung pasangan Irwandi Yusuf-Nova Iriansyah perlu melakukan konvensi. Hal ini dinilai dapat menekan hasrat partai pengusung untuk mencari sosok pendamping Nova Iriansyah, Gubernur Aceh, dalam waktu yang sempit.  

“Hal itu bisa dilakukan dengan menyamakan persepsi dengan membuat konvensi. Itu lebih menarik untuk menyaring tokoh yang tepat," jelas Effendi Hasan kepada Kantor Berita RMOLAceh, Sabtu (14/11).

Setelah konvensi, lanjut Effendi, partai pengusung akan menetapkan satu dan dua tokoh. Keduanya adalah hasil kesepakatan yang akan disodorkan kepada Gubernur Aceh untuk diserahkan kepada Dewan Perwakilan Rakyat Aceh.

Ditambahkan Effendi, jika masing-masing partai pengusung mengajukan tokoh-tokohnya, walaupun itu hak mereka, dalam waktu yang mepet, dikhawatirkan tidak dicapai kesepakatan. Apalagi, partai politik pengusung pasti memiliki ego masing-masing.

Jika partai politik pengusung bertahan dengan cara lama, Effendi mengatakan Nova Iriansyah, akan memimpin sendirian di sisa masa kepemimpinannya hingga 2022 mendatang.

Nah, melalui konvensi, ujar Effendi, jika tidak ditemukan kandidat dari internal partai pengusung, maka mereka dapat mencari tokoh alternatif yang dapat diterima semua partai pengusung.

“Alangkah indahnya jika partai pengusung menyatukan persepsi dengan membuat konvensi yang lebih demokratis, dengan menyaring beberapa orang dan memunculkannya sebagai calon wakil gubernur,” demikian Effendi. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA