Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

PILKADA 2020

Cetak 2 Juta Lebih Surat Suara, KPU Depok Pastikan Akhir Bulan November Sudah Selesai

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/ahmad-satryo-1'>AHMAD SATRYO</a>
LAPORAN: AHMAD SATRYO
  • Senin, 16 November 2020, 10:20 WIB
Cetak 2 Juta Lebih Surat Suara, KPU Depok Pastikan Akhir Bulan November Sudah Selesai
KPU bersama Bawaslu dan Forkopimda saat melakukan kunjungan ke percetakan surat suara/Istimewa
rmol news logo Ketersediaan logistik pemilu untuk Pilkada Serentak 2020 masih dirampungkan Komisi Pemilihan Umum (KPU), termasuk surat suara yang akan digunakan pada hari h pemilihan 9 Desember.

Ketua KPU Kota Depok, Nana Shobarna mengatakan, khusus untuk pemilihan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Depok pihaknya menyiapkan lebih dari 2 juta lebih surat suara.

"Jumlah surat suara yang kami cetak adalah sejumlah DPT ditambah 2,5 persen sebagai cadangan, atau sejumlah 2.262.051 lembar surat suara," ujar Nana dalam siaran pers yang diterima Kantor Berita Politik RMOL, Senin (16/11).

Sampai saat ini, lanjut Nana, sejumlah surat suara masih dalam tahap pengerjaan oleh PT. Gramedia Printing, yang berlokasi di Jl. Rancaekek KM. 24, Bandung, Jawa Barat. Namun dia memastikan pihaknya sudah bisa menerima surat suara akhir bulan November ini.

"Kami mengestimasi surat suara tersebut akan masuk gudang kami diperkirakan tanggal 24 November ini atau bahkan bisa lebih cepat. Kami terus berupaya agar semua logistik bisa kami terima dalam waktu dekat ini," tuturnya.

Pada hari Jum'at kemarin (13/11) KPU Kota Depok, kata Nana, juga telah mengajak Forkopimda dan Bawaslu untuk melakukan peninjauan dan pengawasan produksi surat suara di lokasi percetakan.

Adapun tujuan dilakukannya kegiatan pengawasan produksi surat suara tersebut adalah untuk memberikan gambaran dan penjelasan kepada pihak terkait tentang produksi surat suara di perusahaan, mulai dari penyerahan materi, pencetakan, penyortiran, pelipatan sampai dengan packing dan pengiriman dari perusahaan ke gudang.

"Seluruh kegiatan tersebut diawasi oleh pihak kami, agar kami dapat memastikan bahwa semua berjalan baik," katanya.

Lebih lanjut, Nana memastikan ketersediaan logistik untuk Pilkada Kota Depok mengedepankan prinsip tepat jumlah, tepat waktu, tepat sasaran dan tepat kualitas.

"Sehingga dalam pelaksanaan pilkada tidak dijumpai hambatan dan kendala mengenai logistik pemilihan sampai dengan semua tahapan pilkada selesai," ungkapnya.

"Logistik pilkada yang sudah diterima di gudang KPU Kota Depok diantaranya kotak suara, bilik, segel, hologram, sampul dan lain sebagainya. Kami tetap terus akan mengupayakan pengelolaan logistik ini dapat terlaksana dengan baik, transparan dan akuntabel,"demikian Nana Shobrana. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA