Selamat Idul Fitri
Selamat Idul Fitri Mobile
Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Soal HRS Ceramah Lont*, Waketum PAN: Pelajaran Bagi Orang Yang Menghina Habib, Bagus!

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/faisal-aristama-1'>FAISAL ARISTAMA</a>
LAPORAN: FAISAL ARISTAMA
  • Senin, 16 November 2020, 20:46 WIB
Soal HRS Ceramah Lont*, Waketum PAN: Pelajaran Bagi Orang Yang Menghina Habib, Bagus<i>!</i>
Perayaan Maulid Nabi Muhammad SAW di kediaman Habib Rizieq Shihab/Net
rmol news logo Pernyataan kontroversial Imam Besar Front Pembela Islam (FPI) terkait lont* dalam acara Maulid Nabi Muhammad SAW di markas FPI akhir pekan lalu menuai pro dan kontra.

Ketua Komisi VIII DPR Fraksi PAN, Yandri Susanto, menilai pernyataan pentolan FPI itu tidak ada masalah. Menurutnya, hal itu merupakan hal yang wajar bahkan dinilai baik.

"Ya itu mungkin pelajaran bagi orang-orang yang menghina Habib. Nggak apa-apa juga. Bagus juga itu," kata Yandri kepada wartawan di Komplek Parlemen, Senayan, Jakarta, Senin (16/11).

Yandri menambahkan, kata-kata lont* yang keluar dari mulut seorang Habib Rizieq merupakan reaksi atas sesuatu yang menimpa dirinya sendiri. Diyakininya, pernyataan Habib Rizieq itu tidak lain hanya untuk sekadar mengingatkan.

"Ini kan yang memulai kan yang perempuan itu. Bukan Habib-nya yang memulai. Jadi saya kira untuk mengingatkan semua pihak," ujarnya.

Lagi pula, lanjut Wakil Ketua Umum PAN ini, pernyataan Habib Rizieq dalam ceramahnya itu dinilai benar. Sebab, ketika ada orang yang menghina Habib justru dijaga dan dikawal ketat oleh aparat kepolisian.

Namun, disisi lain saat ada tentara yang mengucapkan 'ahlan wa sahlan' kepada Habib Rizieq malah diberi hukuman.

"Apa yang disampaikan Habib saya kira betul dan aneh juga memang kalau yang jemput Habib, seorang tentara diborgol. Yang menghina Habib dijagain rumahnya. Saya kira ini udah kebalik ini dunia. Sudah nggak benar seperti itu," tuturnya.

"Saya kira perlu lah dibenahi tata kelola manajemen pemerintah untuk merespons sebuah persoalan yang sangat sensitif. Jadi jangan yang justru menghina habib dilindungi seperti dipagar betis rumahnya karena takut di demo, tapi yang menyerukan 'ahlan wa sahlan' kepada Habib di bandara langsung diborgol," demikian Yandri Susanto.

Habib Rizieq menyebut kata lont* dalam acara peringatan Maulid Nabi yang digelar FPI di Petamburan, Jakarta Pusat, pada 14 November 2020. Namun begitu, Habib Rizieq tidak secara spesifik menyebut nama Nikita Mirzani dengan sebutan lont*.

"Ada lont* hina Habib. Pusing, pusing. Sampai lonte ikutan ngomong, iyee...," kata Habib Rizieq.

Habib Rizieq pun mengaku tidak marah dengan Nikita Mirzani karena dianggap telah menghinanya dengan sebutan tukang obat. Tapi, kata dia, ada umat yang tidak terima.

"Saya tidak marah. Cuma ada umat yang marah, ngancem mau ngepung lont*. Eh polisi kalang kabut jagain lont*. Kacau, kacau," kata Habib Rizieq.

"Lont* hina Habib dijaga polisi. Kacau tidak? Mestinya lont* yang hina Habib, hina ulama, tangkep. Bukan dijagain. Polisi jawab, tapi ada ancaman Habib. Mangkanya lu tangkep," imbuh dia.

"Ditangkap tidak, dijagain. Iyee. Jangan-jangan minta jatah kali. Kacau, kacau. Saya ngeliat begini dari sakit jadi baik. Mudah-mudahan jangan sakit lagi deh. Sudahlah jangan diterusin dah ah. Udah biarin, lont* sama lont* saja yang ngomong," kata Habib Rizieq lagi. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA