Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Rizal Ramli: Dulu Luhut Pandjaitan Dan Saya Tim Yang Kompak Sekali

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/diki-trianto-1'>DIKI TRIANTO</a>
LAPORAN: DIKI TRIANTO
  • Senin, 16 November 2020, 22:11 WIB
Rizal Ramli: Dulu Luhut Pandjaitan Dan Saya Tim Yang Kompak Sekali
Momen kebersamaan Rizal Ramli dan Luhut Binsar Pandjaitan/Net
rmol news logo Kinerja menteri di bidang perekonomian pernah mencatatkan kinerja yang cukup baik di masa pemerintahan Presiden keempat RI, Abdurrahman Wahid atau Gus Dur.

Demikian disampaikan ekonom senior Rizal Ramli saat berdiskusi bersama direktur eksekutif Nagara Institute, Akbar Faizal di akun YouTubenya, Senin (16/11).

Dikatakan Rizal Ramli, kala itu ia menjabat sebagai Menteri Koordinator Bidang Ekonomi, Keuangan dan Industri Indonesia selama kurang lebih satu tahun.

Meski jabatannya tergolong singkat, beberapa kebijakannya dianggap telah membuat ekonomi Indonesia tumbuh positif.

"Ekonomi dari minus tiga, kita naikkan 4,5. Gaji pegawai negeri, sipil, pensiunan, ABRI kita naikkan 125 persen. Gini indeks (ketimpangan) paling rendah dalam sejarah Indonesia modern," jelas Rizal Ramli.

Bahkan di masa kepemimpinanya sebagai Menko, tingkat kemiskinan berkurang hingga 5 juta hanya dalam waktu satu tahun. Jumlah tersebut disebutnya lebih baik dibanding era kepemimpinan Presiden Joko Widodo yang hanya berkurang sebanyak 1 juta dalam setahun.

Prestasi tersebut diakuinya bisa dicapai karena beberapa fakor. Pertama yakni dengan tekanan yang terus dilakukannya terhadap bawahan yang juga disertai dengan beragam terobosan.

Hal lain yang tak kalah penting adalah tim kerja di sektor ekonomi berjalan baik. Bahkan diakuinya, saat itu hubungannya dengan Luhut Binsar Pandjaitan yang kini menjabat Menko Kemaritiman dan Investasi sangat harmonis.

"Anak buah saya Luhut Pandjaitan (sebagai) Menko Perindustrian, Agum Gumelar, Mentan, dan sebagainya. Pada dasarnya kita satu tim yang kompak sekali, masa itu karena semua diselesaikan di level Menko, di kabinet itu udah mateng istilahnya," tandasnya. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA