Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Abdul Hamid: Pemulangan HRS Bisa Jadi Andil Jusuf Kalla, Tapi Kerumunan Di Bandara Tidak Mungkin

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/ahmad-satryo-1'>AHMAD SATRYO</a>
LAPORAN: AHMAD SATRYO
  • Selasa, 17 November 2020, 17:46 WIB
Abdul Hamid: Pemulangan HRS Bisa Jadi Andil Jusuf Kalla, Tapi Kerumunan Di Bandara Tidak Mungkin
Direktur Visi Indonesia Strategis, Abdul Hamid/RMOL
rmol news logo Kepulangan Imam Besar Front Pembela Islam (FPI), Habib M. Rizieq Shihab, ke Tanah Air pada pekan kemarin, diduga tidak lepas dari andil mantan Wakil Presiden ke-10 dan ke-12, M. Jusuf Kalla.
Selamat Menunaikan Ibadah Puasa

Direktur Visi Indonesia Strategis, Abdul Hamid mengatakan, bisa saja ada peran JK dalam pemulangan HRS. Karena sebelum HRS pulang, JK sempat melaksanakan umrah.

Termasuk soal kepentingan politik, bisa saja ada agenda untuk Pilpres 2024. Bisa menguntungkan kepada JK, atau kepada orang JK.

Abdul Hamid menyampaikan hal tersebut dalam acara Ngobrol Bareng Bang Ruslan, yang diselenggarakan Kantor Berita Politik RMOL secara virtual, Selasa (17/11).

"Jadi pemulangan bisa jadi andil Pak JK," ujar Abdul Hamid dalam pemaparanya di dalam diskusi bertajuk 'Penegakan Prokes Harus Benar dan Adil' tersebut.

Keterlibatan JK dalam pemulangan Habib Rizieq ke Indonesia, menurut Abdul Hamid, tidak terlepas dari peranannya yang sudah dikenal sebagai tokoh bangsa dan negosiator ulung.

Namun begitu, Abdul Hamid melihat persoalan kerumunan massa yang menjemput Habib Rizieq Shihab di Bandara Soekarno-Hatta, tidak ada kaitannya dengan JK.

Sebab menurutnya, tidak mungkin sosok politisi Senior Partai Golkar tersebut menangani hal-hal teknis seperti itu. Dan dia yakin, JK pasti tidak menghendaki kerumunan massa yang betul-betul melanggar protokol kesehatan.

"Terkait kerumunannya itu sudah tidak mungkin menjadi andil Pak JK, karena tidak mugkin beliau mengurusi dari A sampai Z mengurusi Habib Rizieq," ucapnya.

"Tapi itu (adanya kerumunan massa) menjadi andilnya FPI di tanah air. Tapi kalau pemulangan itu bisa saja ada andil dari Pak JK," demikian Abdul Hamid. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA