Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Pesan Ketum PP Muhammadiyah: Kalau Tidak Memberi Solusi, Jangan Memperpanjang Rantai Penularan Covid-19

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/faisal-aristama-1'>FAISAL ARISTAMA</a>
LAPORAN: FAISAL ARISTAMA
  • Rabu, 18 November 2020, 17:41 WIB
Pesan Ketum PP Muhammadiyah: Kalau Tidak Memberi Solusi, Jangan Memperpanjang Rantai Penularan Covid-19
Ketua Umum PP Muhammadiyah, Prof Haedar Nashir/Ist
rmol news logo Umat Islam di Indonesia khususnya warga persyarikatan Muhammadiyah diharapkan tetap menunjukkan karakter seorang muslim pemberi solusi dalam setiap masalah, termasuk menghadapi pandemi Covid-19 yang masih mewabah.

"Umat Islam dan warga persyarikatan harus menunjukkan uswah hasanah (teladan yang baik) dan menjadi pemberi solusi hadapi pandemi yang berat ini," pesan Ketua Umum PP Muhammadiyah, Prof Haedar Nashir saat memberikan sambutan secara virtual dalam acara HUT ke-108 Muhammadiyah, Rabu (18/11).

Di masa pandemi yang telah mendera bangsa Indonesia selama hampir sembilan bulan ini, kata Prof Haedar, semua pihak perlu berupaya agar bangsa ini keluar dari wabah yang telah menjangkit 215 negara di dunia ini. Salah satu yang bisa dilakukan yakni dengan hidup disiplin protokol kesehatan serta waspada terhadap bahaya Covid-19.

Sebab, sambungnya, sikap abai dan kelalaian terhadap protokol kesehatan bisa berdampak luas pada keselamatan masyarakat dan merontokkan upaya memberantas Covid-19. Ia pun meminta kepada umat untuk mencontoh akhlak Nabi Muhammad SAW.

"Kaum muslimin pengikut Nabi hendaknya mengikuti uswah hasanah nabi dalam seluruh perilaku kehidupan. Nabi dimaklumatkan Allah sebagai figur berakhlak utama," tuturnya sembari mengutip surat al-qalam ayat 4 dalam Al Quran.

Yang tak kalah penting, semua pihak diharapkan tidak mengedepankan egoisme yang justru bisa berdampak buruk pada insan lainnya.

"Perbuatan orang tidak disiplin dapat berdampak luas bagi penularan virus dan keselematan jiwa orang lain. Jika belum mampu memberikan solusi, setidaknya jangan membikin masalah yang membuat rantai penularan makin menyebar. Allah melarang manusia berbuat kerusakan," tutupnya.

Milad ke-108 Muhammadiyah turut dihadiri sejumlah tokoh baik secara langsung maupun virtual, di antaranya Presiden Joko Widodo; Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo; Sekretaris Umum PP Muhammadiyah Abdul Muti, serta beberapa tokoh lainnya. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA