Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Pelobi Susun Standarisasi Pengiriman Ekspor Benih Lobster

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/ahmad-kiflan-wakik-1'>AHMAD KIFLAN WAKIK</a>
LAPORAN: AHMAD KIFLAN WAKIK
  • Rabu, 18 November 2020, 19:41 WIB
Pelobi Susun Standarisasi Pengiriman Ekspor Benih Lobster
Ilustrasi
rmol news logo Asosiasi Perkumpulan Pengusaha Lobster Indonesia (Pelobi) tengah menyusun pengembangan standarisasi dari pengemasan ekspor benih lobster.

Ekspor benih lobster telah diperbolehkan berdasarkan Peraturan Menteri Kelautan dan Perikanan Nomor 12/Permen-KP/2020 tentang Pengelolaan Lobster (Panulirus spp.), Kepiting (Scylla spp.), dan Rajungan (Portunus spp.)

Ketua Pelobi, HM Irwansyah mengatakan, ekspor benih lobster merupakan pengalaman baru bagi pengusaha pemula. Sehingga, perlu dibuat satu standar khusus dalam pelaksanaannya.

"Ekspor benih lobster ini adalah pengalaman relatif baru buat kebanyakan perusahaan baru yang secara legal boleh mengekspor bibit lobster. Untuk itu kita perlu standarisasi ekspor benih lobster ini agar tata niaga ekspornya bermanfaat dan bernilai tinggi untuk semua stakeholder" ujar HM Irwansyah dalam keterangannya, Rabu (18/11).

Saat ini, kata Irwansyah, Pelobi sedang menyusun standarisasi pengiriman baik dari sisi kargo atau pun titik terminal ekspor benih lobster.

"Saat ini kargo pengiriman benih sedang kami standarisasi bagaimana packingnya, proses pengirimannya. Jadi agar bibit tertangani dengan baik," jelasnya.

Lanjutnya, dengan adanya standarisasi diharapkan dalam penerapan pada jasa kargo dan terminal dapat sesuai standar dalam menangani benih lobster.

"Jadi, kita sedang membangun standarisasi penanganan bibit lobster ini. Makanya, kami susun SOP nya dari sisi jasa kargo. Juga SOP dari sisi terminal atau bandara pengiriman karena kan disitu ada aturan dokumen, karantina dan lain-lain," bebernya.

Pelobi, masih kata Irwansyah, juga berkomitmen akan terus bersinergi dengan Kementerian KKP dan pihak-pihak yang terkait dengan ekspor lobster untuk memajukan bisnis lobster di Indonesia.

"Kita bersama agar semua pihak yang terlibat juga ada standar-standarnya karena pasar luar negeri juga menginginkan itu. Ini untuk kemajuan usaha lobster di Indonesia," pungkasnya. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA