Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Menjaga Demokrasi Butuh Peran Sipil, Berbahaya Kalau Parpol Dibiarkan

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/raiza-andini-1'>RAIZA ANDINI</a>
LAPORAN: RAIZA ANDINI
  • Sabtu, 21 November 2020, 02:14 WIB
Menjaga Demokrasi Butuh Peran Sipil, Berbahaya Kalau Parpol Dibiarkan
Wakil Ketua Majelis Syora PKS, Sohibul Iman/RMOL
rmol news logo Menjaga demokrasi adalah tanggung jawab seluruh masyarakat Indonesia, bukan hanya segelintir orang pelaku politik. Sebab demokrasi adalah sistem utama yang mengelola negara.

Begitu dikatakan Wakil Ketua Majelis Syora PKS, Sohibul Iman dalam webinar kebangsaan menyambut Munas ke-V PKS bertajuk 'Partisipasi Masyarakat Sipil dalam Membangun Demokrasi yang Sehat', Jumat malam (20/11).

“Baik buruknya demokrasi itu akan terkena kepada semua elemen bangsa ini, seluruh rakyat. Bukan saja ketika demokrasi jelek berdampak pada kaum politisi, tapi juga semua rakyat ini,” kata Sohibul Iman.

Pihaknya menegaskan, masyarakat tidak boleh membiarkan sistem demokrasi dibangun atau dikembangkan oleh partai politik semata, tapi juga harus dikembangkan dan dikawal oleh masyarakat sipil.

“Nah saya sebut sebagai political society, saya kira dalam konteks Indonesia saat ini memang konstitusi memberikan tempat yang sangat luar biasa istimewa kepada parpol,” katanya.

Ia menyadari keran-keran kemunculan pemimpin nasional di Indonesia sebagian besar datang dari partai politik, meski di beberapa daerah muncul pemimpin dari independen. Namun peran penting partai politik ini juga patut diawasi oleh masyarakat sipil.

"Kalau proses demokrasi ini diberikan begitu saja oleh political society, saya kira ini bukan sesuatu yang baik. Karena bagaimana pun dalam policital society, perebutan kekusaan itu menjadi sesuatu yang sangat dominan,” katanya.

“Boleh jadi karena dominasi perebutan kekusaan itu, maka misi dasar demokrasi yang memberikan spill over effect positif bagi kesejahteraan masyarakat terabaikan,” demikian mantan Presiden PKS ini. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA