Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

IPR: Jika JK Jadi King Maker Maka Anies Dapat Keuntungan dan Kekuatan, Tapi...

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/ahmad-satryo-1'>AHMAD SATRYO</a>
LAPORAN: AHMAD SATRYO
  • Sabtu, 21 November 2020, 19:38 WIB
IPR: Jika JK Jadi King Maker Maka Anies Dapat Keuntungan dan Kekuatan, Tapi...
Dari kiri ke kanan:Anies Baswedan, Jusuf Kalla
rmol news logo Gelagat mantan Wakil Presiden M. Jusuf Kalla mendekati Gubernur DKI Jakarta lewat sejumlah gimik yang muncul belakangan ini mulai menjadi perbincangan publik.

Bahkan, sosok yang kerab disapa JK itu disebut-sebut menjadi King Maker atau orang yang akan membantu Anies Baswedan untuk maju dalam kontestasi politik Pilpres 2024.

Wacana ini coba dianalisa oleh Direktur Indonesia Political Review (IPR), Ujang Komarudin, saat dihubungi Kantor Berita Politik RMOL, Sabtu (21/11).

Menurut Ujang, peluang Anies Baswedan memang terbuka luas di Pemilu 2024. Apalagi, jika wacana JK menjadi King Maker benar adanya.

"Jika JK menjadi king maker, maka Anies bisa makin kuat dan juga menguntungkan Anies," ucap Ujang.

Keuntungan yang diperoleh Anies Baswedan, dinilai Dosen Politik Universitas Al-Azhar Indonesia ini, adalah sosok JK yang memiliki kualitas mumpuni di dunia politik, dan hal itu sejalan dengan nilai tawar Anies yang akan semakin kuat.

"Terlepas JK saat ini tak memiliki jabatan di pemerintahan. Namun JK tetap memiliki keuatan politik yang tak bisa dianggap enteng. JK politisi handal dan juga pebisnis sukses," tuturnya.

Oleh karena itu, Ujang memprediksi Anies bakal untung besar apabila JK benar-benar jadi king makernya.

Namun, hal itu tidak bisa serta merta otomatis dapat membawa Anies sukses seratus persen, tanpa dia mengimbanginya dengan usaha memperbesar nama.

"Anies harus membuktikan dulu popularitas dan elektabilitas dia sebagai capres," demikian Ujang Komarudin. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA