Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Jejaring Oligarki Dianggap Tumbuh Bersama JK, Anies Mesti Buka Komunikasi Dengan Bamsoet Atau Airlangga

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/jamaludin-akmal-1'>JAMALUDIN AKMAL</a>
LAPORAN: JAMALUDIN AKMAL
  • Senin, 23 November 2020, 08:04 WIB
Jejaring Oligarki Dianggap Tumbuh Bersama JK, Anies Mesti Buka Komunikasi Dengan Bamsoet Atau Airlangga
Anies Baswedan harus memulai buka komunikasi dengan Bambang Soesatyo atau Airlangga Hartarto/Net
rmol news logo Anies Baswedan diharapkan bisa memisahkan diri dari kelompok oligarki yang jejaringnya tumbuh bersama mantan Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK).

Begitu disampaikan oleh Direktur Ekskutif Oversight of Indonesia's Democratic Policy, Satyo Purwanto, yang juga menilai Anies lebih bermanfaat jika bersama Surya Paloh.

Karena, kata Satyo, anomali peta politik di Indonesia, secara realitas dan politik praktis, begitu pragmatis di kelompok oligarki. Di mana mereka bisa berkumpul dengan tokoh liberal yang dikenal memuja transparansi internasional.

"Anies lebih bermanfaat bersama Surya Paloh, dengan kekuatan media grup bisa melindungi Anies dari 'gempuran' parpol di DKI yang beroposisi dengan Pemprov DKI. Paling tidak Nasdem, Gerindra, dan PKS bisa menjadi pelindung agenda Anies di DKI," beber Satyo Purwanto, kepada Kantor Berita Politik RMOL, Senin (23/11).

Apalagi, lanjut mantan Sekretaris Jenderal (Sekjen) Jaringan Aktivis Pro Demokrasi (ProDEM) tersebut, saat ini pengaruh JK di Partai Golkar pun sudah kendor.

"Anies mesti membuka komunikasi dengan 'faksi Golkar' yang lainnya, semisal Ketua MPR Bambang Soesatyo atau dengan Ketum Airlangga Hartarto," pungkas Satyo. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA