Pimpinan Dan Anggota DPR Kecewa Gubernur Aceh Abstain Saat Bahas Dana Otsus

Wakil Ketua DPR RI Azis Syamsuddin memimpin rapat/RMOL

Wakil Ketua DPR RI Azis Syamsuddin kecewa terhadap Gubernur Aceh Nova Iriansyah lantaran tidak hadir dalam acara pemantauan terhadap pelaksanaan dana otonomi khusus (Otsus) Provinsi Aceh senilai Rp. 7,8 triliun yang digelontorkan pemerintah pusat.

Pantauan Kantor Berita Politik RMOL di Gedung Serbaguna Sekertaris Daerah (Sekda) Provinsi Aceh, Azis Syamsuddin menyampaikan kekecewaanya di hadapan anggota DPR RI yang hadir ke Aceh yakni Masinton Pasaribu (Komisi XI F-PDI Perjuangan), Salim Fakhry (Komisi IV DPR RI F-Golkar), Fadhlullah (Komisi VI F-Gerindra), Adang Drajatun (Komisi III F-PKS), Anwar Idris (Komisi VII F-PKB), dan Muslim (Komisi IV F-Demokrat) yang datang dari Jakarta.

Sedangkan dari Pemprov Aceh diwakilkan oleh Sekda Aceh Taqwallah dan beberapa lembaga dalam pansus Otsus Aceh, yakni Wali Nanggroe, Majelis Adat Aceh, Katibul Wali, Dinas Syariat Islam, Kepala Baitul Mal Aceh. Namun, tidak ada Gubernur Aceh.

Dalam rapat formal tersebut, Azis menyampaikan bahwa Gubernur Aceh Nova Iriansyah diagendakan akan hadir pagi ini, namun tidak hadir.

"Beliau memberitahukan kepada kami, bahwa Bapak Gubernur (Nova) akan hadir pagi hari ini, naik pesawat Citilink, pagi. Kemudian tadi malam saya mendapat informasi Pak Gubernur tidak hadir," ucap Azis, Senin (23/11).

Kemudian Azis melakukan rapat kepada seluruh anggota DPR yang datang dari Jakarta untuk memberikan keputusan atas ketidakhadiran Gubernur Aceh.

"Tadi kami sudah melakukan rapat, didampingi oleh seluruh anggota, pansus dalam hal ini otsus Aceh, bersepakat karena bapak Gubernurnya tidak hadir secara fisik, maka secara mekanisme tatib DPR RI. Mohon maaf, kami bersepakat untuk yang tidak hadir secara fisik, tidak kami kasih ruang bicara," ucapnya.

Dia menegaskan pihaknya dan anggota lainnya memiliki kesibukan yang sama. Namun, Gubernur harus dapat menghormati, karena apa yang dibahas saat ini merupakan hal penting.

"Berkenaan dengan kesibukan satu dan lain hal Bapak Gubernur kami dari Otsus Papua, Aceh dan DIY juga memiliki kesibukan yang cukup padat," bebernya.

"Jadi mohon dengan segala hormat Pak Sekda, tolong sampaikan kepada Bapak Gubernur, pertama saya menekankan kalau tidak hadir sampaikan kepada kami dari jauh-jauh hari. Jangan kami kemarin sore disampaikan hadir secara fisik, tapi tadi pagi jam 09.30 ketika kami mau berangkat dari hotel disampaikan kepada kami pak gubernur tidak hadir," tutup Azis Syamsuddin dengan nada kecewa.

Kolom Komentar


Video

Ketika Anies Baswedan Mempengaruhi Perserikatan Bangsa Bangsa (PBB)

Minggu, 18 April 2021
Video

RMOL World View • Antara AS, Iran Dan Israel

Senin, 19 April 2021
Video

Rekaman CCTV Anggota Brimob Tewas Dikeroyok

Senin, 19 April 2021

Artikel Lainnya

Komisi XI: Target Pertumbuhan 7 Persen Masih Realistis, Walau Butuh Kerja Keras
Politik

Komisi XI: Target Pertumbuha..

19 April 2021 22:46
Gerindra: Jangan Hanya Jelang Pemilu, Partai Politik Juga Harus Hadir Saat Kondisi Rakyat Sulit
Politik

Gerindra: Jangan Hanya Jelan..

19 April 2021 22:14
Kunjungi Kesultanan Sumenep, LaNyalla Siap Perjuangkan Eksistensi Raja-Sultan Se-Nusantara
Politik

Kunjungi Kesultanan Sumenep,..

19 April 2021 21:57
Bukit Algoritma, Budiman Sudjatmiko Sebaiknya Tidak Tersusupi Investasi Umbar Janji
Politik

Bukit Algoritma, Budiman Sud..

19 April 2021 21:40
Indonesia Indikator: Sandiaga Uno Jadi Menteri Paling Diapresiasi Publik Dan Media
Politik

Indonesia Indikator: Sandiag..

19 April 2021 21:19
Jika Anak-Anak Mega Tak Kompak, BG Jadi Alternatif
Politik

Jika Anak-Anak Mega Tak Komp..

19 April 2021 20:50
Protes KH Hasyim Asyari Dihilangkan Dari Kamus Sejarah Indonesia, PKB: Abu Bakar Ba'asyir Malah Ada
Politik

Protes KH Hasyim Asyari Dihi..

19 April 2021 20:43
Fraksi PKB: Program SIPP Strategis Cegah Perilaku Koruptif Kader Parpol
Politik

Fraksi PKB: Program SIPP Str..

19 April 2021 20:17