Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Pimpinan Dan Anggota DPR Kecewa Gubernur Aceh Abstain Saat Bahas Dana Otsus

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/raiza-andini-1'>RAIZA ANDINI</a>
LAPORAN: RAIZA ANDINI
  • Senin, 23 November 2020, 12:35 WIB
Pimpinan Dan Anggota DPR Kecewa Gubernur Aceh Abstain Saat Bahas Dana Otsus
Wakil Ketua DPR RI Azis Syamsuddin memimpin rapat/RMOL
rmol news logo Wakil Ketua DPR RI Azis Syamsuddin kecewa terhadap Gubernur Aceh Nova Iriansyah lantaran tidak hadir dalam acara pemantauan terhadap pelaksanaan dana otonomi khusus (Otsus) Provinsi Aceh senilai Rp. 7,8 triliun yang digelontorkan pemerintah pusat.
Selamat Menunaikan Ibadah Puasa

Pantauan Kantor Berita Politik RMOL di Gedung Serbaguna Sekertaris Daerah (Sekda) Provinsi Aceh, Azis Syamsuddin menyampaikan kekecewaanya di hadapan anggota DPR RI yang hadir ke Aceh yakni Masinton Pasaribu (Komisi XI F-PDI Perjuangan), Salim Fakhry (Komisi IV DPR RI F-Golkar), Fadhlullah (Komisi VI F-Gerindra), Adang Drajatun (Komisi III F-PKS), Anwar Idris (Komisi VII F-PKB), dan Muslim (Komisi IV F-Demokrat) yang datang dari Jakarta.

Sedangkan dari Pemprov Aceh diwakilkan oleh Sekda Aceh Taqwallah dan beberapa lembaga dalam pansus Otsus Aceh, yakni Wali Nanggroe, Majelis Adat Aceh, Katibul Wali, Dinas Syariat Islam, Kepala Baitul Mal Aceh. Namun, tidak ada Gubernur Aceh.

Dalam rapat formal tersebut, Azis menyampaikan bahwa Gubernur Aceh Nova Iriansyah diagendakan akan hadir pagi ini, namun tidak hadir.

"Beliau memberitahukan kepada kami, bahwa Bapak Gubernur (Nova) akan hadir pagi hari ini, naik pesawat Citilink, pagi. Kemudian tadi malam saya mendapat informasi Pak Gubernur tidak hadir," ucap Azis, Senin (23/11).

Kemudian Azis melakukan rapat kepada seluruh anggota DPR yang datang dari Jakarta untuk memberikan keputusan atas ketidakhadiran Gubernur Aceh.

"Tadi kami sudah melakukan rapat, didampingi oleh seluruh anggota, pansus dalam hal ini otsus Aceh, bersepakat karena bapak Gubernurnya tidak hadir secara fisik, maka secara mekanisme tatib DPR RI. Mohon maaf, kami bersepakat untuk yang tidak hadir secara fisik, tidak kami kasih ruang bicara," ucapnya.

Dia menegaskan pihaknya dan anggota lainnya memiliki kesibukan yang sama. Namun, Gubernur harus dapat menghormati, karena apa yang dibahas saat ini merupakan hal penting.

"Berkenaan dengan kesibukan satu dan lain hal Bapak Gubernur kami dari Otsus Papua, Aceh dan DIY juga memiliki kesibukan yang cukup padat," bebernya.

"Jadi mohon dengan segala hormat Pak Sekda, tolong sampaikan kepada Bapak Gubernur, pertama saya menekankan kalau tidak hadir sampaikan kepada kami dari jauh-jauh hari. Jangan kami kemarin sore disampaikan hadir secara fisik, tapi tadi pagi jam 09.30 ketika kami mau berangkat dari hotel disampaikan kepada kami pak gubernur tidak hadir," tutup Azis Syamsuddin dengan nada kecewa. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA