Dalam gelaran kompetisi berlabel Span Lapor tersebut Kabupaten Demak meraih Pengelolaan Sistem Pengaduan Pelayanan Publik Terbaik.
Sekretaris Kemenpan-RB RI, Dwi Wahyu Atmadji mengatakan, kompetisi tersebut merupakan upaya dalam rangka membangun terbosoan dan meningkatkan layanan publik.
Dijelaskan Dwi, penilaian dilakukan secara berjenjang, mulai dari seleksi administratif sampai pada aspek teknis yang dilakukan oleh tim juri sangat kredebil juga kompeten.
"Artinya pemenang kompetisi ini merepresentasikan kontestan yang memang memiliki concern dalam upaya memberikan komitmen layanan publik terbaik," ujar Dwi.
Ada sejumlah kategori yang dikompetisikan meliputi bidang bidang yang telah ditetapkan oleh Kemenpan-RB, seperti kategori outstanding achievement Pengelolaan Pengaduan Pelayanan Publik Tahun 2020 dan Pengelolaan Sistem Pengaduan Pelayanan Terbaik.
Ada pun kepesertaan adalah meliputi pemerintahan dan juga unit instansi, seperti rumah sakit.
Jawa Tengah patut berbangga karena meraih penghargaan padatiga katetori, yakni untuk Kategori Outsanding Achievement Pengelolaan Pengaduan Pelayanan Publik yang diraih Kota Semarang, kemudian Pengelolaan Sistem Pengaduan Pelayanan Publik Terbaik diraih oleh Kabupaten Demak, dan untuk Unit Pengelola Pengaduan Pelayanan Publik Terbaik diraih oleh RSUD Prof Mardono Soerkarjo Purwokerto.
Pakar kebijakan publik, Trubus Rahardiyansah menyampaikan aapresisasi dengan kompetisi ini. Dia mengharapkan terobosan semacam ini juga dkembangkan oleh instansi dan kementerian yang lain.
"Saya salut dan memberikan apresisasi khusus capaian Pemkab Demak ini. Ini momentum yang sangat positif, semoga Demak sebagai penyangga Semarang dapat memiliki percaya diri lebih untuk bersaing ke depan," katanya, Selasa (24/11).
Apresisasi serupa juga datang dari Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo. Gubenur mileneal ini mengaku bangga atas prestasi yang diraih Kabupaten Demak, Kota Semarang dan juga RSUD Margono Soekarjo Purwokerto.
Ganjar berharap, prestasi itu dapat menjadi modal membangun pondasi layanan publik yang lebih bemartabat di Jawa Tengah.
Selain penghargaan kategori di atas, Demak jga menempatkan diri 45 besar terbaik nasional untuk inovasi pelayanan yang diberi judul Cengkeraman Mata Elang.
Sementara itu, Sekretaris Daerah Kabupaten Demak, Singgih diharapkan jadi momentum penting.
“Ya semoga prestasi ini jadi pelecut seluruh komponen dan stakehokder yang ada untuk memacu diri,†katanya, kemarin.
Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.
BERITA TERKAIT: