Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Debat Tahap II, Irman Yasin Limpo: Digitalisasi Pemerintahan Masih Sekadar Komputerisasi

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/diki-trianto-1'>DIKI TRIANTO</a>
LAPORAN: DIKI TRIANTO
  • Selasa, 24 November 2020, 23:13 WIB
Debat Tahap II, Irman Yasin Limpo: Digitalisasi Pemerintahan Masih Sekadar Komputerisasi
Pasangan calon Walikota dan Wakil Walikota Makassar Irman Yasin Limpo-Andi Zunnun Armin NH dalam debat publik tahap II membahas reformasi birokrasi, pelayanan publik, penataan kawasan perkotaan dan ekonomi/Repro
rmol news logo Peran perkembangan teknologi menjadi hal yang penting dalam birokrasi pemerintahan. Namun sejauh ini, proses digitalisasi dalam reformasi birokrasi pemerintah belum sepenuhnya dimaksimalkan.

"Digital dan teknologi di pemerintahan saat ini masih terkesan komputerisasi. Ke depan, harus lebih maju lagi dari sekadar komputerisasi," kata calon Walikota Makassar, Irman Yasin Limpo dalam debat publik tahap II Pilwalkot Makassar bertema 'Reformasi Birokrasi, Pelayanan Publik, Penataan Kawasan Perkotaan dan Ekonomi' yang disiarkan salah satu stasiun TV swasta, Selasa (24/11).

Ia menjelaskan, sinergitas antarpengambil kebijakan menjadi faktor paling penting dalam proses reformasi birokrasi. Antara pemerintah pusat, provinsi, dan kabupaten/kota harus bersinergi namun tidak saling membawahi, melainkan tetap dengan fungsi dan kewenangan masing-masing.

"Akselerasi kinerja yang kita harapkan untuk menutup ruang yang melemahkan birokrasi ada tiga, yakni kelembagaan, sistem, dan SDM aparatur," lanjutnya.

Menurut None, sapaan Irman Yasin, secara kelembagaan pemerintah kota akan dikolaborasikan dengan tingkat RT. Sedangkan sistemnya akan menggunakan digitalisasi artificial intelligence dan big data.

"SDM aparatur kita kuatkan dari segi leadership, mental, dan spiritual. Aparatur kita harus melayani dengan hati," tegasnya.

Dalam debat tersebut, seluruh pasangan calon turut hadir, yakni Moh Ramdhan Pomanto-Fatmawati Rusdi, Munafri Arifuddin-Rahman Bando, Syamsu Rizal-Fadli Ananda, dan Irman Yasin Limpo-Andi Zunnun Armin NH. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA