Selamat Idul Fitri
Selamat Idul Fitri Mobile
Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Pilkada Tangsel 2020: Muhamad-Saraswati Kembali Ungguli Ben-Pilar

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/agus-dwi-1'>AGUS DWI</a>
LAPORAN: AGUS DWI
  • Jumat, 27 November 2020, 16:23 WIB
Pilkada Tangsel 2020: Muhamad-Saraswati Kembali Ungguli Ben-Pilar
Muhammad-Rahayu Saraswati masih tetap unggul dalam survei terbaru jelang Pilkada Tangsel 2020/Ist
rmol news logo Tren positif terus ditunjukan pasangan calon Walikota dan Wakil Walikota Tangsel nomor urut 1, Muhamad dan Rahayu Saraswati Djojohadikusumo.

Berdasarkan survei terbaru yang dirilis Lembaga Kajian Politik Indeks Pilkada Nasional, paslon yang mengusung tagline "Tangsel Untuk Semua" ini unggul dengan 30,1 persen.

Disusul Siti Nur Azizah-Ruhamaben 27,5 persen. Dan, terakhir Benyamin Davnie-Pilar Saga Ichsan dengan 26,7 persen. Sementara tidak menjawab 19,3 persen.

Peneliti Indeks Pilkada Nasional, Bagus Dwiatmojo mengatakan, selain elektabilitas, tingkat popularitas calon petahana, Benyamin Davnie, diketahui masih memiliki tingkat popularitas tertinggi dengan 89,2%. Disusul Muhamad 79,1% dan Siti Nur Azizah 78,8%.

Namun tingkat akseptabilitas atau penerimaan masyarakat, calon Walikota Tangsel, Muhamad, lebih unggul.

"Hasilnya diketahui Muhamad memiliki tingkat akseptabilitas 51,4% disusul Siti Nur Azizah 48,8% dan Benyamin Davnie 45,7%," ujar Bagus dalam keterangan resminya, Jumat (27/11).

Sementara itu, untuk loyalitas pemilih di Pilkada Tangsel, Indeks menemukan strong voter dengan Azizah-Ruhamaben unggul 61,5 persen.

Dari hasil temuan survei tersebut, Bagus menggambarkan besarnya antusias warga yang mengingkan terjadi perubahan kepemimpinan di Kota Tangerang Selatan.

"Hal ini terlihat dari tingkat elektabilitas calon petahana yakni Benyamin Davnie yang justru kalah oleh dua calon lainnya. Dua pekan jelang pemilihan, secara umum tingkat popularitas ketiga calon sudah berimbang. GAP (jarak) antarkandidat terlihat semakin menipis. Ini menandakan persaingan semakin ketat dan berimbang jelang hari pemilihan," tutup Bagus, dikutip Kantor Berita RMOLBanten.

Survei Indeks Pilkada Nasional ini dilakukan antara 15 hingga 22 November, dengan 800 responden yang dipilih secara multistage random sampling. Tingkat kepercayaan survei 95% dengan margin of error sebesar 3,4%. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA