Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Ada 4 Cara Menjaga Persatuan Bangsa Versi Ardhya Pratiwi Setiowati

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/faisal-aristama-1'>FAISAL ARISTAMA</a>
LAPORAN: FAISAL ARISTAMA
  • Sabtu, 28 November 2020, 13:13 WIB
Ada 4 Cara Menjaga Persatuan Bangsa Versi Ardhya Pratiwi Setiowati
Anggota DPR/MPR RI dari Fraksi Partai Gerindra, Ardhya Pratiwi Setiowati/Net
rmol news logo Bangsa Indonesia sangat beragam dan keragaman itu suatu keniscayaan yang harus dirawat dan dipertahankan.

Indonesia adalah negara kepulauan yang sangat luas. Indonesia memiliki kebudayaan yang beraneka ragam dan tersebar dari Sabang sampai Merauke. Namun masyarakatnya hingga kini masih hidup berdampingan dengan saling menghormati atas keberagaman yang ada.

Demikian disampaikan anggota DPR/MPR RI dari Fraksi Partai Gerindra, Ardhya Pratiwi Setiowati saat menggelar sosialisasi Empat Pilar MPR dengan ratusan pemuda dan tokoh agama di Desa Mekarjadi, Ciamis, Jawa Barat, beberapa waktu yang lalu, seperti dalam keterangnnya, Sabtu (28/11).

Ardhya mengatakan, membangun kebersamaan di dalam perbedaan memang sesuatu usaha yang tidak mudah. Menyamakan atau menyelaraskan perbedaan untuk mencapai suatu tujuan membutuhkan kerendahan hati dan saling menghormati bagi setiap individu yang berada dalam suatu komunitas.

"Keragaman Indonesia adalah rahmat dan keniscayaan bagi kita. Dibutuhkan kerendahan hati dan saling menghormati untuk keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia," sebut putri amarhum mantan Panglima TNI Jenderal (Purn) Djoko Santoso itu.

Lebih lanjut, Ardhya menututurkan bahwa membangun kebersamaan di dalam perbedaan membutuhkan kerjasama semua pihak. Pemerintah dan masyarakat harus saling bahu-membahu demi terbangunnya persaudaraan dan kebersamaan dari masa ke masa.

Kebersamaan seperti ini harus dipertahankan dalam rangka membangun Indonesia yang lebih sejahtera, adil dan bermartabat. Pertanyaannya adalah bagaimana caranya.

Ardhya menjelaskan, pertama yang dilakukan adalah, toleransi dan harmonisasi harus terus dikembangkan. Toleransi dan harmonisasi adalah modal utama untuk mencapai sukses demi terwujudnya kesejahteraan bagi Indonesia.
 
Kedua, meningkatkan kerukunan dan kerja sama antar agama sebab kemajuan Indonesia ditentukan oleh keharmonisan dan toleransi yang kuat dan berkesinambungan.

Ketiga, menghindari berbagai aksi yang dapat menyebabkan kerusakan lingkungan serta melestarikan alam negeri yang kaya ini.

Keempat, pro dan aktif pada program-program pemerintah mulai dari pemerintah pusat, provinsi, kabupaten/kota, kecamatan, hingga tingkat desa/kelurahan untuk kemajuan Indonesia.

"Harus menjadi kesadaran bagi kita semua bahwa kebersamaan dalam perbedaan adalah hal yang wajar yang akan kita temui dalam hidup. Dan kita harus bisa mengelola perbedaan yang ada dengan baik, karena perbedaan yang dikelola dengan baik akan menjadi tumpuan yang sangat berguna dalam menghadapi berbagai tugas dan tantangan ke depan," demikian Ardhya Pratiwi Setiowati. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA