Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Dubes Sukmo: Panama Memiliki Peran Penting Bagi Indonesia

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/darmansyah-1'>DARMANSYAH</a>
LAPORAN: DARMANSYAH
  • Senin, 30 November 2020, 13:31 WIB
Dubes Sukmo: Panama Memiliki Peran Penting Bagi Indonesia
Dutabesar RI untuk Republik Panama, Sukmo Harsono/Ist
rmol news logo Kedudukan Panama bagi Indonesia memiliki peranan penting dalam hubungan internasional. Di jalur perdagangan, Panama merupakan pintu masuk Indonesia terhadap negara-negara di kawasan Amerika Tengah hingga Karibia.

"Secara politik Indonesia bisa mendapat dukungan dalam forum-forum internasional, di mana Indonesia ingin menjadi anggota atau ketua dari badan dan organisasi internasional, begitu juga sebaliknya," kata Dutabesar RI untuk Republik Panama, Sukmo Harsono dalam keterangan tertulisnya, Senin (30/11).

Namun demikian, kata politisi PBB ini, jarak yang jauh merupakan kendala bagi peluang usaha secara business to business. Oleh sebab itu, sebuah keberanian bagi kalangan bisnis kedua negara untuk masuk baik ke pasar Indonesia atau pun sebaliknya.

Dia mengatakan, proyek-proyek kontruksi adalah peluang yang bagus bagi BUMN nasional untuk ikut tender di Panama dan Kosta Rica, Honduras atau pun Nicaragua. Namun sayangnya, pandemi Covid-19 ini membuat semua berhenti mendadak.

"Saya yakin setelah pandemi Covid-19 berakhir, jika berbagai usaha seperti UKM berani pameran dagang di Panama, maka potensi marketnya akan terbuka lebar, termasuk sektor pariwisata dan salah satu peluang seksi lainya adalah masuk berinvestasi lahan sawit di Panama," pungkasnya. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA