Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Wakil Rakyat Dari Papua Ajak Masyarakat Papua Hentikan Konflik

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/raiza-andini-1'>RAIZA ANDINI</a>
LAPORAN: RAIZA ANDINI
  • Selasa, 01 Desember 2020, 17:56 WIB
Wakil Rakyat Dari Papua Ajak Masyarakat Papua Hentikan Konflik
Anggota Komisi I DPR RI dari Papua Yan Permendas Mandenas (kanan)/Net
rmol news logo Papua Barat kembali memanas. Sejumlah kerusuhan terjadi di tanah Cenderawasih hari ini, Selasa (1/12).

Diduga kerusuhan terjadi pada perayaan hari ulang tahun (HUT) Organisasi Papua Merdeka (OPM) yang jatuh pada hari ini.

Anggota Komisi I DPR RI dari Papua Yan Permendas Mandenas mengajak masyarakat Papua untuk tenang, dan tidak melakukan aktivitas yang menimbulkan konflik.

“Saya mengimbau kepada masyarakat di seluruh Papua untuk tidak melakukan segala aktivitas yang tentunya menimbulkan konflik dan menimbulkan jatuhnya korban secara terus menerus di tanah Papua,” ucap Yan kepada Kantor Berita Politik RMOL, Selasa (1/12).

Selain itu Yan juga mengimbau kepada pemerintah pusat agar serius menangani berbagai permasalahan dan konflik di Papua Barat.

“Bahkan kasus-kasus kekerasan oleh aparat yang ada di daerah, oleh oknum-oknum anggota TNI dan Polri yang terus menerus secara tidak beretika melakukan kekerasan terhadap masyarakat Papua, dari waktu ke waktu, dan hampir selama pandemi Covid-19 kekerasan di Papua itu meningkat secara drastis di beberapa kab/kota yang tersebar di Papua dan Papua barat,” katanya.

Adanya konflik berkepanjangan di Papua dan Papua Barat lantaran kurangnya penanganan konflik oleh pemerintah pusat di Papua dan Papua Barat.

“Saya lihat ini kurang adanya penanganan konflik oleh pemerintah di Papua dan Papua Barat yang memicu aksi dan respons masyarakat yang berlebihan daripada kegiatan memperingati HUT OPM pada 1 Desember yang seharusny bisa diredam dan bisa dikonunikasikan,” tandasnya.rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA