Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Gus Nabil Minta Pemerintah Tertibkan Manajemen Kotak Amal Di Minimarket

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/raiza-andini-1'>RAIZA ANDINI</a>
LAPORAN: RAIZA ANDINI
  • Rabu, 02 Desember 2020, 14:47 WIB
Gus Nabil Minta Pemerintah Tertibkan Manajemen Kotak Amal Di Minimarket
Anggota Komisi IX DPR, M. Nabil Haroen/RMOL
rmol news logo Aparat kepolisian menemukan adanya fakta bahwa kelompok Jamaah Islamiyah mendapatkan aliran dana dari kotak amal yang tersebar di beberapa supermarket dan minimarket.

Dana yang didapatka itu kemudian digunakan untuk memberikan logistik dalam melancarkan aksi teror mereka.

Anggota Komisi IX DPR RI Muhammad Nabil Haroen mendesak pemerintah dan pihak kepolisian untuk melakukan investigasi secara mendetail terkait dengan aliran dana dari kotak amal dan kegiatan filantropi di minimarket di seluruh kawasan di Indonesia.

“Jangan sampai dana yang terkumpulkan, menjadi sumber pendanaan dari kelompok radikal, teroris maupun kelompok-kelompok yang memiliki agenda yang bertentangan dengan Negara Kesatuan Republik Indonesia,” tegas Gus Nabil kepada Kantor Berita Politik RMOL, Rabu (2/12).

Politisi PDI Perjuangan ini menambahkan, pemerintah melalui lembaga terkait, harus menertibkan regulasi dalam pola filantropi, sekaligus juga sanksi jika ada pelanggaran.

“Pemerintah juga harus mensosialisasikan kepada pengelola minimarket/supermarket, agar selektif dalam pengelolaan dana kotak amal di toko-toko swalayan yang ada," imbuhnya.

Pihaknya mengimbau kepada seluruh elemen masyarakat untuk tidak sembarangan memberikan amal agar dana yang dikumpulkan tidak diberikan kepada perusak citra negara.

Ia bahkan menyebutkan beberapa lembaga yang layak dijadikan sarana pengumpulan dana sedekah, infaq dan zakat seperti Laziznu, Lazizmu.

“Semisal NUCare-Lazis Nahdlatul Ulama, atau LAZISMU/Muhammadiyah, maupun lembaga lain yang terbukti kontribusinya untuk pengembangan kemanusiaan, serta laporannya terpublikasi secara rutin ke publik dan programnya jelas bermanfaat,” tandasnya menyudahi.rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA