Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Sambut Baik Vonis Bebas Amel, Komisi II DPR: Bukti Hukum Tidak Bisa Ditunggangi Kepentingan Politik

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/ahmad-kiflan-wakik-1'>AHMAD KIFLAN WAKIK</a>
LAPORAN: AHMAD KIFLAN WAKIK
  • Rabu, 02 Desember 2020, 23:22 WIB
Sambut Baik Vonis Bebas Amel, Komisi II DPR: Bukti Hukum Tidak Bisa Ditunggangi Kepentingan Politik
Syarifah Amelia atau Amel/Net
rmol news logo Syarifah Amelia atau Amel akhirnya mendapat vonis bebas dari Majelis Hakim dalam persidangan di Pengadilan Negeri Tanjungpandan, Belitung, Rabu (2/12).

Majelis hakim menjatuhkan vonis bebas murni bagi Amel yang merupakan Ketua Tim Relawan Pasangan Burhanudin-Khairil Anwar di Pilkada Belitung Timur. Dia sebelumnya dituduh telah menghasut, fitnah, maupun adudomba dalam lontarannya.

Kasus yang membuat Amel harus dihadapkan ke majelis hakim, bermula dari kegiatan kampanye dialogis di Desa Simpang Renggiang, Kecamatan Simpang Renggiang, Kabupaten Beltim tanggal 14 Oktober 2020 lalu.

Ketua Komisi II DPR RI, Ahmad Doli Kurnia pun memberikan apresiasi pada putusan itu. Menurutnya, putusan itu membuktikan bahwa hukum tetap tegak berdiri independen.

"Saya memberikan apresiasi atas persidangan yang sudah memenuhi aspek keadilan dan kepastian hukum, bahwa proses penegakan hukum tidak bisa ditunggangi oleh kepentingan politik selama pelaksanaan pilkada," ujar Ahmad Doli kepada wartawan, Rabu (2/12).

Hal yang sama juga dikatakan anggota Komisi II DPR RI dari Dapil Bangka Belitung, Bambang Patijaya.

Bambang mengatakan, putusan bebas murni ini semakin menunjukkan kalau sebelumnya ada pihak-pihak tertentu yang coba-coba bermain secara hukum dengan mengkriminalisasi Amel.

"Kami berterimakasih kepada Majelis Hakim yang telah melihat secara jernih dan mendudukkan permasalahan sebagaimana mestinya. Keadilan ditegakkan," ujar Bambang kepada wartawan, Rabu (2/12).

Implikasi atas keluarnya vonis bebas murni bagi Amel ini, lanjutnya, semakin menguatkan keyakinannya bahwa pasangan Burhanudin-Khairil Anwar akan memenangkan Pilkada Belitung Timur.

"Keyakinan kita kuat kalau pasangan Burhanudin-Khairil yang kita dukung akan memenangkan pilkada. Karena berbagai cara untuk menggagalkan telah kita patahkan. Bahkan dengan mengkriminalisasi Amel," pungkasnya. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA