Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Taiwan Tutup Akses Masuk PMI, Komisi IX DPR: Pekerja Migran Harusnya Swab PCR, Bukan Rapid Test

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/diki-trianto-1'>DIKI TRIANTO</a>
LAPORAN: DIKI TRIANTO
  • Kamis, 03 Desember 2020, 18:13 WIB
Taiwan Tutup Akses Masuk PMI, Komisi IX DPR: Pekerja Migran Harusnya Swab PCR, Bukan Rapid Test
Anggota Komisi IX DPR RI Kurniasih Mufidayati/Net
rmol news logo Rencana otoritas Taiwan yang akan menutup masuknya pekerja migran Indonesia pada 4-17 Desember 2020 harus menjadi bahan evaluasi pemerintah Indonesia dalam penanganan Covid-19 di tanah air.
Selamat Menunaikan Ibadah Puasa

"Penutupan akses masuknya pekerja migran Indonesia oleh otoritas Taiwan harus jadi evaluasi saat di sini sedang membutuhkan lapangan pekerjaan. Kementerian Tenaga Kerja dan BP2MI harus melakukan evaluasi segera," kata anggota Komisi IX DPR RI Kurniasih Mufidayati dalam keterangan tertulisnya, Kamis (3/12).

Salah satu yang perlu diubah, kata Mufida, pemberangkatan PMI wajib menyertakan hasil negatif swab PCR, bukan rapid test. Ia pun meminta agar beban biaya tes swap bisa diberikan kepada penyalur PMI atau pemerintah, bukan kepada pekerja.

"Agar ada penyeragaman standar pengecekan kondisi dengan tes swab, apalagi Taiwan saat ini salah satu negara yang cukup berhasil menangani pandemi Covid-19," jelas politisi PKS ini.

Keseriusan juga harus ditunjukkan perusahaan penyalur untuk benar-benar mempersiapkan persyaratan PMI secara tuntas. Jangan sampai ada upaya manipulatif demi bisa mengirim PMI ke luar negeri.

"Jangan sampai terjadi manipulasi data demi izin berangkat ke luar negeri. Jangan korbankan seluruh calon pekerja migran setanah air hanya demi kepentingan pribadi," tandasnya. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA