Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

LaNyalla Minta Pemda Dan Senator NTT Jamin Kenyamanan Pengungsi Gunung Lewotolok

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/diki-trianto-1'>DIKI TRIANTO</a>
LAPORAN: DIKI TRIANTO
  • Kamis, 03 Desember 2020, 19:27 WIB
LaNyalla Minta Pemda Dan Senator NTT Jamin Kenyamanan Pengungsi Gunung Lewotolok
Ketua DPD RI, AA LaNyalla Mahmud Mattalitti/Ist
rmol news logo Kenyamanan para pengungsi erupsi Gunung Api Ili Lewotolok harus benar-benar dijamin, baik oleh Pemerintah Daerah Nusa Tenggara Timur maupun para senator asal NTT. Hal tersebut berkenaan dengan status aktivitas Gunung Ili Lewotolok yang sudah di level III atau siaga.

"Seperti arahan Presiden Joko Widodo, keselamatan masyarakat merupakan hukum tertinggi," ujar Ketua DPD RI, AA LaNyalla Mahmud Mattalitti di Jakarta, Kamis (3/12).

Per 2 Desember kemarin, dilaporkan ada 7.968 orang yang mengungsi di 7 titik pengungsian. Pemerintah Daerah pun diminta untuk memberikan pelayanan terbaik.

Gunung Api Ili Lewotolok di Kabupaten Lembata, Nusa Tenggara Timur (NTT) mengalami erupsi pertama pada 29 November lalu. Setelah itu, Gunung Lewotolok mengalami erupsi secara fluktuatif hingga hari ini.

"Pemerintah daerah, khususnya Pemkab Lembata harus memastikan keperluan pengungsi terpenuhi dengan baik. Mulai dari tempat mereka tidur, makanan, hingga keperluan medis. Susu untuk bayi dan anak-anak juga harus disiapkan," jelas LaNyalla.

Tak hanya itu, ancaman wabah Covid-19 terhadap para pengungsi juga harus diperhatikan mengingat penularan virus corona sangat rentan terjadi saat di kerumunan. LaNyalla mengingatkan pentingnya protokol kesehatan meski berada di pengungsian.

"Sebisa mungkin pengungsi yang masuk kategori rentan dipisahkan tempat mengungsinya dan harus di tempat yang nyaman. Untuk pengungsi berusia lanjut, ibu hamil-menyusui, balita, anak-anak, disabilitas, dan penderita penyakit penyerta atau komorbid," tegasnya.

LaNyalla juga meminta anggota DPD asal Dapil NTT turun ke lapangan untuk memastikan keperluan masyarakat yang mengungsi terpenuhi. Untuk diketahui, ada empat senator dapil NTT yaitu Hilda Manafe, dr. Asyera Respati A. Wundalero, Angelius Wake Kako, dan Abraham Liyanto.

"DPD harus hadir di tengah-tengah masyarakat, apalagi ketika masyarakat sedang memerlukan. Saya yakin para senator akan sigap memberi bantuan kepada konstituennya masing-masing," tandasnya. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA