Selamat Idul Fitri
Selamat Idul Fitri Mobile
Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

PILKADA 2020

Banyak APD KPPS Yang Belum Terdistribusi, Bawaslu Ingatkan KPU Soal Ketersedian Logistik

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/ahmad-satryo-1'>AHMAD SATRYO</a>
LAPORAN: AHMAD SATRYO
  • Jumat, 04 Desember 2020, 13:16 WIB
Banyak APD KPPS Yang Belum Terdistribusi, Bawaslu Ingatkan KPU Soal Ketersedian Logistik
Jumpa pers Bawaslu/Repro
rmol news logo Penyediaan Alat Pelindung Diri (APD) untuk Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) yang terlibat dalam proses pemungutan suara Pilkada Serentak 2020 masih belum terdistribusi di seluruh wilayah pemilihan.

Hal tersebut meruapakan hasil investigasi Ombudsman, yang kemudian turut disoroti oleh Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu).

Dalam jumpa pers virtual, Ketua Bawaslu, Abhan, mengingatkan KPU untuk segera mendistribusikan APD yang menjadi satu alat yang memabtu petugas pemilu menerapkan protokol kesehatan pencegahan penularan Covid-19.

"Karena ini juga bagian dari pengawasan kami, maka kami juga menginstruksikan kepada jajaran pengawas kami untuk mengingatkan kepada KPU agar distribusi logistik APD ini juga pada saatnya tersedia," ujar Abhan di Kantor Bawaslu, Jalan MH. Thamrin, Jakarta Pusat, Jumat (4/12).

Tidak hanya persoalan APD, Abhan juga mengingatkan KPU untuk memastikan ketersediaan alat pengukur suhu tubuh (Termo Gun) yang akan digunakan pada hari H pemungutan suara. Mengingat, alat tersebut adalah langkah awal pencegahan penularan.

"Logistik-logistik lain juga kami mengingatkan kepada jajaran agar mengingatkan KPU untuk supaya logistik ini pada saatnya, kebutuhan itu ada dan sudah ada. Contoh, soal termo gun ini masih banyak kekurangan dari hasil pengawasan kami di jajaran daerah," ungkapnya.

Selain itu, Bawaslu juga mengingatkan tentang stok formulir salinan model C1 KWK yang digunakan untuk hasil penghitungan suara. Ketersedian formulir tersebut untuk mengantisipasi penggunaan Sistem Informasi Rekapitulasi (Sirekap) bermasalah.

"Ini himbauan, harapan kami kepada KPU agar logistik yang terkait dengan salinan C1 KWK, harus ada. Karena itu kepentingan urgen. Kemudian soal termo gun kebutuhan APD dan lainnya," demikian Abhan. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA