Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Pimpinan DPR Ajak Seluruh Elemen Masyarakat Kawal Pilkada

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/faisal-aristama-1'>FAISAL ARISTAMA</a>
LAPORAN: FAISAL ARISTAMA
  • Senin, 07 Desember 2020, 08:57 WIB
Pimpinan DPR Ajak Seluruh Elemen Masyarakat Kawal Pilkada
Wakil Ketua DPR RI, Azis Syamsuddin/Net
rmol news logo Seluruh elemen masyarakat diharapkan untuk bisa mengawal jalannya Pilkada 9 Desember 2020 nanti.
Selamat Menunaikan Ibadah Puasa

Pasalnya, pesta demokrasi yang akan digelar dalam hitungan hari ini berlangsung serentak di 270 wilayah di Indonesia. Atau di 9 provinsi, 37 kota, dan 224 kabupaten.

"Kesuksesan Pilkada membutuhkan dukungan seluruh pihak. Kita berharap peran serta seluruh elemen masyarakat untuk berkolaborasi dan bersinergi dalam melakukan pengawalan serta pengawasan secara aktif dalam rangka mengawal jalannya demokrasi di Indonesia," kata Wakil Ketua DPR, Azis Syamsuddin, dalam keterangannya di Jakarta, Senin (7/12).  

Wakil Ketua Umum Partai Golkar ini juga menegaskan pentingnya sinergi antara stakeholder penyelenggara pemilu dengan TNI-Polri untuk mengamankan setiap tahapan Pilkada.

“Aparat keamanan harus dapat mendeteksi dini hal-hal yang berpotensi untuk mengganggu suksesnya pelaksanaan Pilkada. Misalnya, memerangi berita bohong yang beredar di masyarakat, menghindari konflik pada saat pemungutan suara, penegakan protokol kesehatan, dan yang lainnya," tegas Azis.

"Aparat keamanan perlu bekerjasama dengan penyelenggara pemilu," imbuhnya.

Azis menambahkan, berbeda dengan Pilkada sebelumnya, pelaksanaan Pilkada di tengah pandemi Covid-19 kali ini. Sehingga, KPU sebagai pihak penyelenggara menerbitkan Peraturan KPU Nomor 13/2020, tentang Pelaksanaan Pemilihan Gubernur Dan Wakil Gubernur, Bupati Dan Wakil Bupati, dan/atau Walikota Dan Wakil Walikota Serentak Lanjutan Dalam Kondisi Bencana Covid-19, sebagai peraturan pelaksana agar penyelenggaraan Pilkada tidak menciptakan klaster baru penyebaran Covid-19.

“Pelaksanaan tahapan Pilkada harus diiringi dengan disiplin protokol kesehatan yang ketat. Penyelenggaraannya pun perlu disertai dengan penegakkan hukum dan sanksi tegas. Perhatikan dan patuhi Peraturan KPU Nomor 13 Tahun 2020 tentang Pelaksanaan Pilkada di tengah pandemi Covid-19,” kata Azis.

Lebih lanjut, Azis berharap penyelenggaraan Pilkada kali ini berjalan sukses, lancar, dan sesuai harapan. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA