Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Penggerak Milenial: Meski Digelar Di Masa Pandemi, Kualitas Pilkada Tidak Boleh Terdegradasi

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/ahmad-kiflan-wakik-1'>AHMAD KIFLAN WAKIK</a>
LAPORAN: AHMAD KIFLAN WAKIK
  • Senin, 07 Desember 2020, 22:31 WIB
Penggerak Milenial: Meski Digelar Di Masa Pandemi, Kualitas Pilkada Tidak Boleh Terdegradasi
Webinar Penggerak Milenial Indonesia (PMI)/Net
rmol news logo Kondisi demokrasi di Indonesia tidak boleh mengalami degradasi walaupun Pilkada Serentak 2020 digelar dalam masa pandemi Covid-19.
Selamat Menunaikan Ibadah Puasa

Hal tersebut disampaikan Koordinator Penggerak Milenial Indonesia (PMI), Adhia Muzakki dalam webinar yang diselenggarakan oleh PMI yang membedah keberlangsungan demokrasi di tengah pandemi, Senin (7/12).

“Kami ingin memastikan seluruh persiapan menjelang pesta demokrasi di tengah pandemi. Kami tidak ingin, Pilkada serentak nanti mengganggu proses demokrasi kita,” ujar Adhia.

Adhia menegaskan, kaum milenial memiliki peranan penting dalam mengawal sistem demokrasi Indonesia ke arah yang lebih baik.

Salah satu bentuk pengawalan tersebut kata Adhia ialah dengan memastikan bahwa Pilkada tahun ini berjalan dengan aman, damai, dan tidak ada yang golput.

“Kami ingin Pilkada tahun ini aman, damai, dan partisipasinya mencapai 99 persen,” tegasnya.

Oleh karena itu, Adhia beserta meminta kepada seluruh pihak, baik penyelenggara Pemilu maupun pemilih untuk bersatu padu dalam menyukseskan Pilkada Serentak yang tidak dilakukan seperti situasi normal sebelumnya.

“Yang perlu dilakukan adalah, KPU dan Bawaslu mejalankan peran dan fungsinya sebagaimana mestinya, kemudian masyarakat agar menggunakan hak suaranya di TPS nanti,” imbuhnya.

Senada dengan Adhia, Komisioner Bawaslu RI, Fritz Edward Siregar menuturkan pentingnya kolaborasi antar sesama demi suksesnya agenda seluruh bangsa Indonesia dalam menentukan pemimpin.

Ia juga berharap kepada kaum milenial untuk terlibat aktif dalam proses Pilkada Serentak tahun 2020 ini.

“Bagaimanapun, Pilkada kali ini menjadi agenda kita bersama. Kita harus maju untuk mensukseskan agenda ini pada 9 Desember besok. Kaum milenial punya kontribusi luar biasa untuk terlibat aktif dalam mengawasi proses Pemilu kali ini,” tuturnya.

Untuk diketahui, dalam webinar tersebut turut hadir Komisioner KPU RI, Viryan, peneliti LIPI, Lili Romli, Direktur Indostrategi Research and Consulting Arif Nurul Imam dan peneliti Perludem Maharddhika. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA