Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Hadiah 2 Kambing Etawa Bagi Warga Yang Temukan Praktik Politik Uang Di Pilkada Serentak

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/agus-dwi-1'>AGUS DWI</a>
LAPORAN: AGUS DWI
  • Rabu, 09 Desember 2020, 08:33 WIB
Hadiah 2 Kambing Etawa Bagi Warga Yang Temukan Praktik Politik Uang Di Pilkada Serentak
Ilustrasi kambing etawa/Net
rmol news logo Komite Rakyat Pemberantasan Korupsi (KRPK) membuat sayembara di Pilkada Serentak 2020. Sayembaranya: barangsiapa yang menemukan praktik politik uang akan mendapat hadiah kambing.

Demikian disampaikan Ketua KRPK, Moh. Trijanto, kepada Kantor Berita RMOLJatim, Rabu (9/12).

Tidak tanggung-tanggung, menurut Trijanto orang yang melaporkan adanya praktik politik uang dari mulai persiapan hingga pencoblosan akan diberi hadiah dua ekor kambing etawa.

"Tentunya laporan politik uang harus disertai bukti-bukti kuat, di antaranya bukti uang. Jika laporan diproses hingga persidangan dan pelaku divonis bersalah, kami sudah siapkan sepasang kambing etawa," jelas Trijanto.

Ditambahkan Trijanto, sayembara ini dibuat agar warga peduli dengan kondisi di sekelilingnya, terutama saat Pilkada Serentak 2020.

"Ini sebagai penyemangat saja supaya warga tidak tutup mata jika terjadi praktik-praktik kotor saat Pilkada. Sehingga ada kepedulian warga pada pesta demokrasi yang digelar hari ini," tegasnya.

Diakui Trijanto, memang tidak bisa dipungkiri saat ini praktik politik uang masih kerap terjadi. Mereka yang bertarung di ajang pemilihan selalu menggunakan cara-cara kotor untuk meraih kemenangan.

"Ini sangat disayangkan. Para calon kerap memanfaatkan kelemahan rakyat dengan cara tidak benar. Calon pemimpin malah mengajari rakyat tidak jujur. Riuh pesta demokrasi akhirnya dikotori dengan ambisi sesat para calon," ujarnya.

Karena itu, dengan sayembara ini, Trijanto berharap masyarakat tidak mudah termakan janji-janji politik para paslon.

"Silakan paslon beradu ide dan gagasan membangun Kabupaten Blitar menjadi lebih baik. Tapi jangan merusak moral rakyat. Yang kami inginkan Pilkada tahun ini berjalan lancar. Orang memilih bukan karena janji manis politik atau karena diberi uang, melainkan memilih berdasarkan hati nurani. Dan calon yang dipilih adalah benar-benar yang terbaik," tuturnya.

Kendati demikian, Trijanto tidak menjelaskan berapa jumlah ekor kambing yang disiapkan.

"Rahasia. Pokoknya sudah kita siapkan. Setiap pelapor akan kebagian dua ekor kambing etawa per orang," demikian Trijanto. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA