Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Arwani Thomafi: Masih Ada Persoalan Serius, Sisi Kedaulatan Rakyat Betul-betul Tercermin Dalam Pilkada

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/faisal-aristama-1'>FAISAL ARISTAMA</a>
LAPORAN: FAISAL ARISTAMA
  • Kamis, 10 Desember 2020, 18:50 WIB
Arwani Thomafi: Masih Ada Persoalan Serius, Sisi Kedaulatan Rakyat Betul-betul Tercermin Dalam Pilkada
Diskusi Empat Pilar MPR RI bertema “Membaca Proses Demokrasi Pilkada di Tengah Pandemi”/RMOL
rmol news logo Pilkada Serentak yang digelar pada 9 Desember kemarin, disambut antusiasme masyarakat di sejumlah daerah.

Namun begitu, masih ada persoalan serius yang harus dibenahi dan menjadi perhatian penyelenggara pemilu, dalam hal ini KPU dan Bawaslu.

Begitu kata Ketua Fraksi PPP MPR RI, Arwani Thomafi saat menjadi narasumber dalam diskusi Empat Pilar MPR RI bertema “Membaca Proses Demokrasi Pilkada di Tengah Pandemi” di Media Center DPR RI, Komplek Parlemen, Senayan, Jakarta, Kamis (10/12).

Arwani mengungkapkan, antusiasme masyarakat pantura misalnya, betapa gegap gempitanya mengikuti pilkada yang telah digelar kemarin.

"Antusiasme masyarakat yang tinggi, apa karena berdaulat atau ada 'amplop'-nya?" kelakar Arwani.

Sebab, kata Arwani, pilkada sejatinya harus dipahami tidak hanya menyoal teknis memilih pemimpin atau dipilih sebagai pemimpin semata.

Menurutnya, lebih dari itu ada nilai-nilai demokrasi dalam proses pilkada tersebut.

"Nilai-nilai itu, semisal hak-hak dasar untuk memilih dengan merdeka, bukan karena pengaruh apalagi tekanan," tuturnya.

"Bagi saya, inilah esensi dari nilai kedaulatan rakyat yang menjadi perhatiannya sebagai anggota rumah kebangsaan MPR. Termasuk bagaimana mengimplementasikan nilai Pancasila dalam hajatan pilkada, sehingga sisi kedaulatan rakyat betul-betul tercermin dalam pilkada," sambungnya menjelaskan.

Ditambahkan Arwani, nilai lain yang perlu untuk dipahami dari sebuah proses pilkada, yakni harus bisa menjaga integrasi bangsa. Isu-isu yang dikembangkan sepanjang kontestasi, juga tidak seharusnya terjadi disintegrasi.

Sejauh ini, sambung Arwani, Pilkada 2020 yang berlangsung di tengah pandemi Covid-19 cukup terkonfirmasi berjalan baik. Meskipun ada beberapa catatan terutama soal politik uang yang diharapkan tidak menjadi budaya karena bisa mendegradasi nilai kedaulatan rakyat. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA