Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Berpartisipasi Di Sembilan Daerah Pilkada, PDIP Catatkan Empat Kemenangan Di Sumatera Barat

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/ahmad-kiflan-wakik-1'>AHMAD KIFLAN WAKIK</a>
LAPORAN: AHMAD KIFLAN WAKIK
  • Kamis, 10 Desember 2020, 19:53 WIB
Berpartisipasi Di Sembilan Daerah Pilkada, PDIP Catatkan Empat Kemenangan Di Sumatera Barat
Ketua PDI Perjuangan Sumatera Barat, Alex Indra Lukman/Net
rmol news logo Dua cabang pelopor PDI Perjuangan di Sumatera Barat, Dharmasraya dan Pasaman Barat, berhasil mengantarkan kader banteng sebagai pemenang Pilkada Serentak 2020.

Kemenangan PDI Perjuangan lainnya, yaitu di pemilihan di Kabupaten Pasaman dan Kabupaten Padangpariaman.  

“Kita secara khusus mengapresiasi kader dan simpatisan partai dari Kabupaten Dharmasraya, Pasbar, Padangpariaman dan Pasaman yang telah berjuang memenangkan calon yang telah diusulkan bersama koalisi partai politik lainnya,” ungkap Ketua PDI Perjuangan Sumatera Barat, Alex Indra Lukman dalam keterangannya, Kamis (10/12).

Khusus Dharmasraya, ungkap Alex, bupati dan wakil bupati terpilih berdasarkan hasil penghitungan cepat sejumlah lembaga survei, murni kader PDIP.

Di daerah pemekaran dari Kabupaten Sawahlunto/Sijunjung itu, Sekretaris DPD PDIP Sumbar, St Riska Tuanku Kerajaan diusung sebagai calon bupati. Dia didampingi Dasril Panin (DP) Dt Labuan, kader senior PDIP.

Untuk Pasaman Barat, mantan ketua PDI Perjuangan di daerah itu, Risnawanto, berdasarkan hitungan cepat sejumlah lembaga survei, juga berhasil memenangkan kontestasi. Di daerah pemekaran ini, PDI Perjuangan kebagian kursi wakil bupati.

Sementara di Padangpariaman, pasangan calon yang diusulkan PDI Perjuangan, Rahmang, juga jadi calon terpilih berdasarkan hitungan cepat sejumlah lembaga survei. Mantan Kepala Dinas Pendidikan Padangpariaman itu, akan menempati kursi wakil bupati.

Sedangkan di Kabupaten Pasaman, PDI Perjuangan yang berkoalisi dengan Partai Golkar, Partai Demokrat, PKB, PAN, PPP, PKS dan Nasdem, mengusulkan Benny Utama dan Sabar AS.

Kabupaten Pasaman ini, merupakan satu-satunya pilkada di Sumbar dengan calon tunggal. Benny-Sabar berdasarkan hitungan cepat, mampu meraup 80 persen lebih suara pemilih.

Dijelaskan Alex, pada pemilihan serentak lanjutan 2020 ini, Sumatera Barat menggelar pemilihan gubernur dan wakil gubernur yang digelar serentak dengan pemilihan dua walikota/wakil walikota dan 11 bupati/wakil bupati.

Dari 13 pemilihan tingkat kabupaten/kota itu, PDI Perjuangan hanya ikut serta mengusulkan pasangan calon pada 9 daerah. Di tiga kabupaten lainnya, kursi PDIP kosong.

Sedangkan di satu kabupaten lagi (Kabupaten Limapuluh Kota), tidak bisa ikut mengusulkan pasangan calon.

Dengan capaian kemenangan itu, ungkap Alex, PDI Perjuangan memiliki seorang kader sebagai bupati dan 3 kader sebagai wakil bupati. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA