Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

DPR Hingga PBNU Apresiasi Pilkada Yang Berjalan Sukses Di Tengah Pandemi

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/faisal-aristama-1'>FAISAL ARISTAMA</a>
LAPORAN: FAISAL ARISTAMA
  • Sabtu, 12 Desember 2020, 12:10 WIB
DPR Hingga PBNU Apresiasi Pilkada Yang Berjalan Sukses Di Tengah Pandemi
Ketua PBNU KH. Marsudi Syuhud/Net
rmol news logo Pengurus Besar Nahdatul Ulama (PBNU) mengapresiasi penyelenggaraan Pilkada serentak 2020 yang berjalan sukses di tengah kondisi pandemi Covid-19.

Ketua PBNU KH. Marsudi Syuhud mengucapkan dan mengapresiasi kepada para penyelenggara pilkada yang dinilai sukses menjalankan tugasnya.

"9 Desember 2020 adalah pilkada dalam kondisi Covid-19 yang dilaksanakan dengan full protokoler, dan alhamdulilah telah sukses dan menghasilkan kepemimpinan Gubernur, Bupati dan Walikota terpilih, itulah kewajiban kaum beragama," tutur Kiai Marsudi dalam keteranganya di Jakarta, Sabtu (12/12).

Dengan begitu, menurut Kiai Marsudi, dirinya mengapresiasikan kepada Kementerian Dalam Negeri, Bawaslu, dan kepada semua pihak termasuk di dalamnya adalah Komisi Pemilihan Umum.

"Mudah-mudahan ini menjadi amal sholeh yang bisa menjadi kabaikan kita di dunia dan akhirat," tutur Kiai Marsudi.

Ketua Komisi II DPR RI Ahmad Doli Kurnia sebelumnya juga mengapresiasi jalannya pemungutan suara pilkada serentak. Politikus Golkar itu menilai, dalam pemungutan suara protokol kesehatan benar-benar diterapkan secara ketat. Baginya, pilkada tahun ini berhasil memenuhi ekspektasi seluruh pihak.

"Terutama dalam hal pelaksanaan protokol kesehatan dan partisipasi Pemilih," kata Doli di Jakarta, Jumat (11/12).

Menurut Doli, kesuksesan pilkada di tengah pandemi adalah buah kerja keras dari pemerintah, dalam hal ini Kemendagri, penyelenggara pemilihan baik itu KPU dan Bawaslu beserta jajarannya, TNI, Polri, Satgas Covid-19 dan pihak-pihak yang selama ini all out memastikan protokol kesehatan diterapkan pada gelaran pilkada.

Kesusksesan menerapkan protokol kesehatan di pilkada, sekaligus menjawab kekhwatiran banyak pihak, pesta demokrasi di 270 daerah itu akan jadi kluster baru penyebaran virus. Ternyata, itu bisa ditepis.

"Kami di Komisi II DPR menaruh hormat setinggi-tingginya kepada penyelenggara dan pengawas pemilu, baik itu KPU, Bawaslu, DKPP dan Kementerian Dalam Negeri serta aparat TNI-Polri juga Tim Satgas Covid-19 atas kerja kerasnya belakangan ini untuk mendisain pilkada sehat yang beradaptasi dengan kebiasaan baru di tengah pandemi Covid-19," kata Ahmad Doli.

Sementara itu, anggota Komisi II DPR RI Guspardi Gaus juga mengapresiasi pelaksanaan pilkada di masa pandemi. Dia menilai, pelaksanaan pemilihan di 270 daerah berjalan lancar. Penerapan protokol kesehatan juga berjalan dengan baik.

"Saya mengapresiasi keberhasilan pemerintah, penyelenggara pemilu dan  aparat keamanan dalam Pilkada 2020 secara keseluruhan berjalan dengan baik. Begitu pun dengan penerapan protokol kesehatan," kata Guspardi, di Jakarta, Jumat (11/12).

Namun, dia tetap mengingatkan agar penerapan protokol kesehatan tidak kendor. Sebab, tahapan pilkada belum selesai semuanya. Masih ada penetapan hasil. Dia pun mengingatkan para calon kepala daerah dan wakilnya, beserta tim suksesnya untuk tetap menjalankan protokol kesehatan. Andai pun, dinyatakan menang, jangan dirayakan yang menyebabkan terjadinya kerumunan. Rayakan, dengan tetap menerapkan protokol kesehatan.

"Kepada paracalon maupun tim pendukung yang terpilih, saya minta supaya tidak melakukan selebrasi kemenangan terlebih dahulu. Jangan sampai menciptakan kerumunan," kata Guspardi yang juga politisi PAN tersebut.

Ditegaskannya, sukses pelaksanaan Pilkada serentak 2020 di masa pandemi, menunjukan bahwa masyarakat Indonesia mampu menjalankan pesta demokrasi meski di tengah wabah. Ini juga sekaligus menepis kekhawatiran bahwa pelaksanaan pilkada serentak akan melahirkan klaster baru Covid-19. Ternyata itu tidak terjadi. Setidaknya, jika melihat pelaksanaan pemungutan suara maupun tahapan kampanye. Meski ada pelanggaran protokol kesehatan, tapi tidak terlalu signifikan.

"Tingkat partisipasi pemilih di beberapa daerah  juga saya lihat cukup baik dan menggembirakan. Ada laporan dari beberapa daerah di atas 70 persen bahkan ada daerah yang melaporkan 80 persen," ucap Guspardi. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA