Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Optimisme Ekonomi Tumbuh Positif Harus Didukung Soliditas Tim

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/faisal-aristama-1'>FAISAL ARISTAMA</a>
LAPORAN: FAISAL ARISTAMA
  • Senin, 14 Desember 2020, 13:19 WIB
Optimisme Ekonomi Tumbuh Positif Harus Didukung Soliditas Tim
Direktur Eksekutif Indef, Tauhid Ahmad/Net
rmol news logo Optimisme pemerintah bahwa pertumbuhan ekonomi di Kuartal IV 2020 akan positif perlu didukung dengan soliditas dari para pemangku kepentingan di bidang ekonomi itu sendiri. 

Direktur Eksekutif Indef, Tauhid Ahmad menilai bahwa soliditas itu menjadi sebuah keharusan.

"Saya kira solid itu menjadi keharusan. Khususnya dalam menangani pandemi Covid-19 yang butuh koordinasi di tingkat kebijakan dan implementasi," katanya saat berbincang dengan Kantor Berita Politik RMOL sesaat lalu di Jakarta, Senin (14/12).

Selain soliditas, juga dibutuhkan komando yang jelas agar mencapai target. Leadership yang kuat dalam menjalankan agenda penting dilakukan agar semuanya berjalan dalam satu koridor.

 â€œSepertinya masih banyak pintu dan tidak satu suara," tegasnya.

Di sisi lain, Tauhid menilai keyakinan pemerintah untuk bisa positif di Kuartal IV Tahun 2020 memang sulit bisa terwujud.

Di waktu yang tinggal sebentar lagi, dibutuhkan dorongan dari sisi demand lewat bantuan sosial yang jumlahnya di atas Rp 1,5 juta/bulan pada 20 persen kelompok masyarakat terbawah. Dengan begitu, maka kemungkinan untuk tumbuh positif masih ada.

"Tentu saja, vaksin dengan sebaran yang luas dan diakses masyarakat lebih mudah adalah kuncinya. Realokasi anggaran PEN yang tidak terserap mutlak diperlukan, termasuk mengubah skenario anggaran PEN tahun 2021," tandasnya. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA