Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Sentuh UMKM, Pengamat: Banpres Produktif Efektif Pulihkan Ekonomi Di Masa Pandemi

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/diki-trianto-1'>DIKI TRIANTO</a>
LAPORAN: DIKI TRIANTO
  • Selasa, 15 Desember 2020, 21:54 WIB
Sentuh UMKM, Pengamat: Banpres Produktif Efektif Pulihkan Ekonomi Di Masa Pandemi
Presiden Jokowi dan Wakil Presiden Maruf Amin bersama pelaku usaha penerima BPUM/Net
rmol news logo Banpres Produktif Usaha Mikro (BPUM) dinilai menjadi salah satu program terbaik pemerintah dalam mengatasi dampak pandemi Covid-19.

Menurut pengamat ekonomi UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, Azrul Tanjung, program Kementerian Koperasi dan UKM ini menyasar penguatan pemulihan ekonomi melalui sektor UMKM yang terbukti menyumbang 61 persen Produk Domestik Bruto (PDB).

"UMKM juga mampu menyerap 97 persen tenaga kerja di Indonesia. Sehingga penyelamatan usaha mikro yang banyak terhenti kegiatannya karena pandemi, tentu besar signifikansinya bagi pemulihan ekonomi nasional secara keseluruhan," ujar Azrul Tanjung dalam keterangan tertulisnya, Selasa (15/12).

Azrul berpandangan, skema BLT UMKM tergolong rapi dan merata. Hal ini disebabkan proses pengusulannya melibatkan dinas koperasi di seluruh Indonesia, sejumlah perbankan yang memiliki UMKM binaan, serta lembaga koperasi.

"Melalui mekanisme yang rapi dan volume bantuan yang demikian besar hingga 12 juta pelaku usaha mikro, program BPUM tidak saja menjadi penyelamat ekonomi masyarakat kecil, tapi juga ekonomi nasional," tegas dosen Fakultas Ekonomi UIN Jakarta ini.

Penyaluran dana BLT UMKM melalui perbankan rekening penerima juga mampu menghindari pungli dn bermanfaat bagi upaya pemerintah memperluas akses keuangan masyarakat.

Sebab dengan adanya bantuan ini, jutaan rekening baru yang dibuka penerima bantuan secara tidak langsung mempercepat capaian program perluasan akses keuangan masyarakat pada perbankan.

"Program BLT UMKM salah satu yang terbaik mengatasi dampak pandemi, selayaknya diteruskan dengan jangkauan lebih luas," tandas Direktur Pusat Inkubasi Bisnis Syariah (PINBAS) Majelis Ulama Indonesia (MUI) Pusat ini. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA