Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Gema Jamin Usulkan Nono Sampono Dan Widodo Jadi Calon KKP 1

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/raiza-andini-1'>RAIZA ANDINI</a>
LAPORAN: RAIZA ANDINI
  • Rabu, 16 Desember 2020, 19:55 WIB
Gema Jamin Usulkan Nono Sampono Dan Widodo Jadi Calon KKP 1
Sekjen Gema Jamin Albert Simangunsong/RMOL
rmol news logo Gerakan Masyarakat Joko Widodo dan Maruf Amin (Gema Jamin) menyodorkan dua nama yakni Wakil Ketua DPD Nono Sampono dan mantan Wakil KSAL Widodo sebagai pengganti Menteri KKP Edhy Prabowo yang terciduk KPK.

Pernyataan tersebut muncul dari Sekjen Gema Jamin Albert Simangunsong dalam keterangan persnya kepada wartawan, Rabu (16/12).

“Nama-nama ini setelah dipelajari oleh Gema Jamin itu dinilai layak untuk dipertimbangkan sebagai pembantu Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden KH Maruf Amin di Kabinet Indonesia Maju khususnya di Kementerian Perikanan dan Kelautan,” ujar Albert.

Albert menambahkan Gema Jamin yang memiliki latar belakang organisasi di bidang kelautan dan kemaritiman ini konsen terhadap dua isu tersebut sehingga layak memberikan rekomendasi untuk kursi kosong KKP 1.

Nono Sampono sendiri kata Albert memiliki kriteria yang pas menjadi Menteri KKP.

Dijelaskan, Albert, setidaknya ada lima kriteria calon menteri yang cocok di Kementerian Kelautan dan Perikanan.

“Pertama, harus memahami semangat dan cita-cita Presiden Joko Widodo untuk menjadikan Indonesia sebagai raksasa poros maritim dunia. Kedua, harus memiliki pengetahuan yang luas terkait dunia kemaritiman Indonesia,” ucapnya.

Selain itu, sosok menteri KKP yang harus menjadi pertimbangan Jokowi harus memiliki wawasan yang luas terkait geopolitik dan geostrategi kawasan.

Dalam analisa Gema Jamin, Indonesia akan dihadapkan pada tantangan dari kekuatan luar yang juga berdampak pada wilayah laut Indonesia.

“Dia juga harus memiliki latar belakang akademis yang relevan dengan bidang kerja Kelautan dan Perikanan dan terakhir harus memiliki integritas dan tanggung jawab dalam menjalankan tugas yang diemban,” bebernya.

Sementara itu, Ketua Gema Jamin Yus Herman mengatakan, surat rekomendasi dua nama tersebut baru akan diserahkannya kepada Presiden Joko Widodo besok.

“Kita sampaikan besok pagi, bahwa calon Gema Jamin ini mencalonkan dua untuk di kementerian KKP ini, Dr. Nono Sampono dan Laksamana Madya (Purn) Widodo beliau semua adalah bagian dari Gema Jamin dari awal yang ikut bergerak dalam relawan ini,” tandasnya.rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA