Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Vaksin Covid-19 Gratis, Ketua MPR: Harus Ada Sosialisasi Supaya Masyarakat Tidak Kena Tipu Pungutan Liar

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/ahmad-kiflan-wakik-1'>AHMAD KIFLAN WAKIK</a>
LAPORAN: AHMAD KIFLAN WAKIK
  • Kamis, 17 Desember 2020, 13:37 WIB
Vaksin Covid-19 Gratis, Ketua MPR: Harus Ada Sosialisasi Supaya Masyarakat Tidak Kena Tipu Pungutan Liar
Ketua MPR RI Bambang Soesatyo/Net
rmol news logo Pimpinan MPR RI sambut baik kebijakan Presiden Joko Widodo yang menggartiskan biaya vaksin Covid-19 bagi masyarakat.

Ketua MPR RI Bambang Soesatyo mengatakan, keputusan pemerintah membebaskan biaya vaksin it akan membebaskan semua elemen rakyat dari beban biaya vaksinasi corona.  

"Dengan pemerintah menanggung semua beban pembiayaan vaksinasi, keputusan itu menjadi aktualisasi dari politik hukum negara yang menempatkan kesehatan dan keselamatan rakyat sebagai hukum tertinggi di masa pandemi," ujar Bamsoet kepada wartawan, Kamis (17/12).

Bamsoet pun mengajak seluruh istitusi pemerintahan untuk bersama-sama mengawal proses vaksinasi supaya tepat sasaran.

"Semua institusi negara harus mengamankan keputusan ini, agar pada waktunya nanti vaksinasi corona oleh negara tepat guna dan tepat sasaran," katanya.

Mantan Ketua DPR RI ini juga mendorong Kementerian Kesehatan, Satgas Covid-19 dan manajemen PT Bio Farma merampungkan semua persyaratan terkait produksi dan pengadaan vaksin serta program vaksinasi.

Sehingga, masyarakat mendapatkan informasi dan pemahaman yang benar. Serta, menutup celah pihak tertentu yang ingin mencari keuntungan pribadi.

"Masyarakat sangat antusias dengan rencana program vaksinasi corona. Antusiasme masyarakat itu harus didukung dengan informasi yang benar dan akurat dari pemerintah," jelasnya.

Terpenting, lanjut Wakil Ketua Umum Partai Golkar ini, harus ada sosialisasi yang massif kepada masyarakat tentang jadwal, tempat atau fasilitas kesehatan yang resmi ditunjuk hingga tata cara mendapatkan hak vaksinasi itu.

"Semua pemerintah daerah harus mensosialisasikan informasi itu kepada masyarakat di daerahnya masing-masing. Masyarakat harus tahu tentang bebas biaya vaksinasi untuk mencegah penipuan atau pungutan liar," pungkas Bamsoet. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA