Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Sandiaga Uno Berbagi Tips Berwirausaha, Kuncinya Adalah Mental Yang Kuat

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/ahmad-kiflan-wakik-1'>AHMAD KIFLAN WAKIK</a>
LAPORAN: AHMAD KIFLAN WAKIK
  • Kamis, 17 Desember 2020, 22:15 WIB
Sandiaga Uno Berbagi Tips Berwirausaha, Kuncinya Adalah Mental Yang Kuat
Mantan Ketua Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (Hipmi), Sandiaga Salahuddin Uno/Net
rmol news logo Kesiapan mental yang kuat menjadi modal kunci dalam membangun dunia usaha mandiri.

Mantan Ketua Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (Hipmi), Sandiaga Salahuddin Uno berbagi tips bagi generasi muda pada khususnya untuk mencapai mental yang kuat untuk memulai usaha.

Pertama, kata Sandiaga, calon wirausahawan harus memiliki ilmu dan pengetahuan yang mumpuni sebelum memutuskan untuk memulai usaha di sektor tertentu. Ilmu dan pengetahuan mampu mengurangi dan mengeliminasi risiko rugi dan gagal.

"Jadi, kita bisanya takut untuk masuk ke dalam dunia usaha itu karena kita takut risiko rugi, gagal, dan sebagainya," kata Sandiaga dalam keterangannya, Kamis (17/12).

Untuk itu, mantan Wakil Gubernur DKI Jakarta ini, selalu mendorong untuk setiap calon wirausaha untuk mengikuti kegiatan-kegiatan yang meningkatkan pengetahuan terhadap usaha.

Salah satu contoh kegiatan yang harus diikuti yakni melakukan partisipasi di webinar-webinar yang membahas cara-cara sukses menjadi pengusaha sukses. Dari acara-acara tersebut, akan ditemukan ilmu-ilmu yang membangun mental menjadi kuat.

Kedua, lanjut Pendiri PT Samala Serasi Unggul penggagas Rumah Siap Kerja, calon wirausahawan harus memiliki pendamping. Dia mendorong, orang yang berencana membangun usaha harus bersinergi dengan rekan.

"Kalau kita membangun usaha pertama kali, saya menyarankan itu dilakukan bersama-sama dengan sahabat atau rekan yang memiliki visi dan misi sama," jelasnya.

Setelah dua syarat di atas terpenuhi, para wirausahawan harus menanamkan sifat kerja keras, kerja cerdas, kerja tuntas, dan kerja ikhlas.

Dia yakin, kerja keras merupakan jalan untuk menjadi orang sukses. Namun, tak cukup sampai di situ, para wirausahawan juga harus memiliki sifat kerja cerdas dengan menggunakan ilmu pengetahuan dan teknologi.

Setelah itu, Wakil Ketua Dewan Pembina Partai Gerindra ini, wirausahawan harus menyelesaikannya dengan bekerja tuntas. Terakhir adalah bekerja ikhlas. Seluruh usaha yang telah dilakukan harus diserahkan kepada Sang Pencipta.

"Karena ikhtiar itu murni upaya manusia tapi hasilnya adalah 100 persen di tangan Allah SWT. Kalau kita bekerja secara ikhlas, insyaAllah rejeki itu tidak akan pernah tertukar," pungkasnya. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA