Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Sentil KPK Dan BPK, Demokrat Heran Pengadaan Goodie Bag Di Sritex Jadi Pengadaaan Kategori Rahasia

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/faisal-aristama-1'>FAISAL ARISTAMA</a>
LAPORAN: FAISAL ARISTAMA
  • Senin, 21 Desember 2020, 18:57 WIB
Sentil KPK Dan BPK, Demokrat Heran Pengadaan Goodie Bag Di Sritex Jadi Pengadaaan Kategori Rahasia
Wasekjen Demokrat, Jansen Sitindaon/Net
rmol news logo Partai Demokrat merasa heran dengan pengakuan pihak PT Sri Rejeki Isman Tekstil Tbk atau Sritex yang menggarap goodie bag untuk Bansos Covid-19 melalui penunjukan langsung oleh Kemensos tanpa proses tender.
Selamat Menunaikan Ibadah Puasa

"Sementara terkait jumlah tas Bansos dan nilai pekerjaan yang digarap PT Sritex, Joy mengaku tak bisa mengungkapkan karena dalam kontrak dinyatakan tak bisa diungkapkan ke publik. Inikan bukan jenis pengadaan bersifat rahasia @BPKRI @KPK_RI?" kata Wasekjen Partai Demokrat Jansen Sitindaon dalam cuitan akun Twitter pribadinya @jansen_jsp dikutip Kantor berita Politik RMOL, Senin (21/12).

Menurut Jansen, pengadaan barang dan jasa yang bersifat rahasia itu ada aturannya yakni Peraturan Presiden 16/2018 tentang Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah.

Atas dasar itulah, pengadaan goodie bag atau tas jinjingan untuk wadah sembako Bansos Covid-19 dinilainya bukan kategori barang rahasia.

"Pengadaan barang bersifat rahasia bukannya tidak ada, ada! Itu aturan dan jenisnya. Tapi pengadaan 'goodie bag/tas jinjing belanjaan' ya bukan termasuk jenis yang rahasialah," tandasnya sambil menautkan Peraturan Presiden 16/2018 tentang Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah dan mengetahui Badan Pemeriksa Keuangan RI (BPK-RI) dan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK-RI).

PT Sritex sebelumnya membenarkan bahwa pihaknya mendapatkan kontrak dan menggarap goodie bag untuk Bansos Covid-19 dari Kemensos langsung tanpa proses tender.

"Benar kita memang supply. Waktu itu di-approach Kemensos mengenai pengadaan. Sempat ada publikasinya, mereka tadinya harusnya di-supply sama perusahaan lain, tapi kesulitan sama bahan baku karena impor," ujar Head of Corporate Communication PT Sritex, Joy Citradewi, Minggu (20/12).

Namun, terkait penunjukan PT Sritex dan mendapat kontrak atas rekomendasi anak Presiden Jokowi, Gibran Rakabuming Raka, pihak Sritex membantah.

"Kalau pertanyaan besarnya kan, 'Apakah kita (PT Sritex) direkomendasi Gibran atau enggak?' Jawabannya enggak," kata Joy.rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA