Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

M Qodari: Sejak Zaman Bung Karno Kemenag Selalu 'Hijau'

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/faisal-aristama-1'>FAISAL ARISTAMA</a>
LAPORAN: FAISAL ARISTAMA
  • Selasa, 22 Desember 2020, 15:20 WIB
M Qodari: Sejak Zaman Bung Karno Kemenag Selalu 'Hijau'
Menteri Agama RI, Fachrul Razi/Ist
rmol news logo Kementerian Agama menjadi salah satu pos yang kemungkinan besar akan dirombak Presiden Joko Widodo.

Direktur Lembaga Survei Indobarometer M Qodari menyebut berdasarkan pengalaman, pos Kementerian Agama selalu diisi oleh ulama dari Nahdlatul Ulama (NU).

"Kalau ada menteri agama yang baru, itu pasti datang dari warna hijau, yang namanya NU. Selama ini, pos menteri agama dijabat NU. Bukan cuma sekarang, dari zaman Bung Karno itu," kata Direktur Eksekutif Lembaga Survei Indobarometer, M Qodari dalam serial diskusi daring Ngobrol Bareng Bang Ruslan bertajuk 'Reshuffle Berskala Besar', Selasa (21/12).

Ia menjelaskan, NU merupakan ormas islam terbesar di Indonesia. Berdasarkan survei, kata dia, konsisteni orang Islam yang mengaku NU atau bagian dari NU sebanyak sepertiga umat Islam di Indonesia.

"Sepertiga umat Islam yang mengaku NU itu ya entah keluarga besar NU, entah sekolahnya NU, entah karena suka pakai sarung," sambungnya.

Belakangan, beberapa nama menguat menggantikan Fachrul Razi, yakni Katib Aam PBNU, KH Yahya Cholil Staquf dan politisi Golkar, Muhammad Zainul Majdi atau Tuan Guru Bajang (TGB). rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA