Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Indriyanto: Pendekatan Hukum Jadi Prioritas Bagi Pengganggu Stabilitas Keamanan

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/raiza-andini-1'>RAIZA ANDINI</a>
LAPORAN: RAIZA ANDINI
  • Rabu, 23 Desember 2020, 01:27 WIB
Indriyanto: Pendekatan Hukum Jadi Prioritas Bagi Pengganggu Stabilitas Keamanan
Indriyanto Seno Adji/Net
rmol news logo Kesolidan antara Polri dan TNI amat krusial dalam menjaga stabilitas negara. Kolaborasi kedua institusi tersebut dalam menindak tegas kelompok ekstrim radikal pun amat didukung.

Begitu yang dikatakan pakar hukum pidana dari Universitas Indonesia, Indriyanto Seno Adji dalam keterangannya kepada wartawan, Selasa (22/12).

Indriyanto mengatakan, sesuai prinsip negara hukum, perlu tindakan tegas terhadap pelanggar keamanan dan ketertiban masyarakat (Kamtibmas) dalam berbagai keadaan dan kondisi yang membahayakan kehidupan bernegara.

"Maka, pendekatan hukum menjadi prioritas terhadap siapa pun yang mengganggu stabilitas keamanan. Kolaborasi TNI-Polri memberi legitimasi bagi penanggulangan gangguan kamtibmas," ujar Indriyanto.

Namun, lanjutnya, jika kelompok-kelompok intoleran berpotensi memecah belah bangsa dan sudah mengganggu stabilitas dan kedaulatan negara. Maka sesuai konstitusi, UU TNI maupun UU Polri, kedua institusi wajib mempertahankan kedaulatan NKRI dari siapa pun yang berpotensi mengganggu stabilitas dan kedaulatan negara.

"Termasuk ormas-ormas berkarakter ekstrem radikal seperti FPI," tegasnya. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA