Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Reshuffle Tak Bawa Spirit Baru, Justru Kedepankan Simbol Mistis

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/agus-dwi-1'>AGUS DWI</a>
LAPORAN: AGUS DWI
  • Rabu, 23 Desember 2020, 10:08 WIB
Reshuffle Tak Bawa Spirit Baru, Justru Kedepankan Simbol Mistis
Proses pengenalan calon menteri baru pada Selasa sore (22/12) di Istana Negara/Net
rmol news logo Perombakan kabinet yang sudah cukup lama ditunggu-tunggu masyarakat akhirnya dilakukan Presiden Joko Widodo. Ada 6 menteri baru dan 5 wakil menteri baru yang dilantik di Istana Negara pada hari ini, Rabu (23/12).

Enam menteri baru itu adalah Yaqut Cholil Khoumas (Menteri Agama),  Budi Gunadi Sadikin (Menteri Kesehatan), Tri Rismaharani (Menteri Sosial), Muhammad Lutfi (Menteri Perdagangan), dan Sakti Wahyu Trenggono (Menteri Kelautan dan Perikanan).

Meski terkesan membawa angin segar, kehadiran 6 menteri baru di Kabinet Indonesia Maju tersebut dinilai Direktur Indonesia Future Studies, Gde Siriana Yusuf, tak membawa semangat baru.

"Reshuffle tidak membawa spirit baru dalam menghadapi krisis pandemi," ucap Gde Siriana kepada Kantor Berita Politik RMOL, Rabu (23/12).

Bahkan, menurut Gde Siriana, proses reshuffle justru kental dengan simbol. Mulai dari pemakaian jaket biru dan pemilihan Rabu pon, yang merupakan weton kelahiran Presiden Jokowi, sebagai hari pelantikan.

"Komunikasi reshuffle kepada publik justru mengedepankan simbol mistis, jaket biru dan hari Rabu pon dipilih sebagai hari pelantikan. Tetapi masyarakat tidak pahami itu dan bukan hal prioritas dalam situasi sulit sekarang ini," beber Gde Siriana.

Khusus Menteri Kesehatan, penunjukkan Budi Gunadi Sadikin yang sama sekali tidak berlatar belakang ilmu kesehatan atau kedokteran dinilai makin memperkuat dugaan bahwa penanganan pandemi yang dilakukan pemerintah lebih memprioritaskan ekonomi.

"Menkes bukan dokter tetapi bankir memperkuat pandangan masyarakat bahwa pendekatan penanganan pandemi memang bisnis atau ekonomi, bukan kesehatan," pungkasnya. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA