Kopi Timur Mobile
Farah.ID
Kopi Timur
Farah.ID

Penunjukan Gus Yaqut Sebagai Menteri Agama Diharapkan Bisa Jadi Oase Bagi Umat Khonghucu

LAPORAN: AGUS DWI
  • Rabu, 23 Desember 2020, 11:57 WIB
Penunjukan Gus Yaqut Sebagai Menteri Agama Diharapkan Bisa Jadi Oase Bagi Umat Khonghucu
Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas diharapkan bisa memberi oase bagi umat Khonghucu di Indonesia/Repro
Penunjukkan Yaqut Cholil Qoumas sebagai Menteri Agama RI mendapat apresiasi sejumlah tokoh Khonghucu. Bahkan diharapkan jadi angin segar bagi umat Khonghucu dalam menjalankan ibadah mereka.

Tokoh Generasi Muda Khonghucu Indonesia (Gemaku), Kristan, menyebut Gus Yaqut sebagai right man on the right place

Menurut Kristan, Gus Yaqut adalah sosok yang dikenal plural, tegas, berani, dan diterima semua kalangan lintas agama. Ketua GP Ansor ini merupakan sosok yang tepat untuk diberikan tugas menjaga keharmonisan moderasi beragama di Indonesia yang sudah menjadi tagline Kementerian Agama.

Ditambahkan Kristan, bagi Gemaku, kehadiran Gus Yaqut sebagai Menteri Agama adalah sebuah oase kegembiraan dan harapan baru.

Gus Yaqut diharapkan dapat membawa angin segar bagi ketidakadilan untuk umat Khonghucu. Mulai dari belum adanya Dirjen Khonghucu di Kemenag, ditambah kisruh soal kelenteng yang ada di Indonesia.
Terakhir, kasus Kelenteng Tuban yang diklaim secara sepihak oleh Dirjen Buddha sebagai tempat ibadah agama Buddha telah menjadi saksi bisu akan adanya sesuatu hal yang keliru yang wajib segera dibenahi.

Prinsip 'membenarkan nama-nama'; berdamai dengan masa lalu, meluruskan dan merekonstruksi fakta sejarah yang ada agar generasi berikutnya tidak larut dalam kekeliruan pemahaman yang semakin melebar yang memutarbalikan fakta dan sejarah menjadi harapan Gemaku agar dapat terselesaikan dengan baik dan bijaksana.

"Memang suara kami bagai setetes gerimis di atas atap Istana yang kadang tak terdengar dan terasakan oleh mereka yang berada di dalamnya. Namun semoga dengan prinsip Gus Yaqut yang selalu membela yang lemah seperti Gusdur. Gemaku berharap Gus Yaqut mendengar, merasakan empatinya,” ujar Kristan, dikutip Kantor Berita RMOLJateng.

"Semoga Gus Yaqut dapat amanah menjalankan tugas, bekerja esktra menjaga kepercayaan rakyat dengan kerja nyata dalam mengawal keberagaman negeri, mengayomi seluruh elemen bangsa dan keyakinan anak bangsa tanpa terkecuali. Tetaplah Gus Yaqut selalu bersahaja, egaliter, tidak sombong, dan mengayomi bagi kami semua. Jadilah Bintang Utara yang selalu terang benderang menjadi pemimpin bintang-bintang lain yang mengelilinginya,” tuturnya.

Sementara itu, tokoh Khonghucu dari Klenteng Kwan Sing Bio Tuban, Jawa Timur, Alim Sugiantoro, ikut menyampaikan apresiasinya atas dilantiknya Gus Yaqut.

"Kami menilai Gus Yaqut sosok yang paling tepat duduk sebagai Menteri Agama, Beliau dekat dengan banyak kalangan, hingga mampu merangkul banyak pihak yang terdiri dari berbagai perbedaan,” ucap Alim.

Pihaknya juga berharap, di bawah pimpinan Gus Yaqut, toleransi dan kedamaian antarumat beragama bisa tercipta.

Sepakat dengan Kristan, Alim juga ikut mendukung dan mendorong segera dibentuknya Dirjen Khonghucu di Kementerian Agama. Hal itu agar menjadi keseimbangan dan pemerataan kebijakan.
EDITOR: AGUS DWI

ARTIKEL LAINNYA