Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Kemampuan Menkes Banyak Diragukan, Saleh Daulay: Tantangan Yang Harus Dia Buktikan

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/raiza-andini-1'>RAIZA ANDINI</a>
LAPORAN: RAIZA ANDINI
  • Rabu, 23 Desember 2020, 15:22 WIB
Kemampuan Menkes Banyak Diragukan, Saleh Daulay: Tantangan Yang Harus Dia Buktikan
Menteri Kesehatan, Budi Gunadi Sadikin, dapat tantangan besar dalam penanganan pandemi Covid-19 di Indonesia/Net
rmol news logo Penunjukkan Budi Gunadi Sadikin (BGS) sebagai Menteri Kesehatan menggantikan Terawan Agus Putranto cukup diragukan sejumlah pihak. Faktornya tentu saja karena Budi Gunadi sama sekali tidak punya background di bidang kesehatan.

Namun demikian, anggota Komisi IX DPR RI, Saleh Partaonan Daulay, tetap menghormati keputusan presiden yang mendapuk BGS sebagai Menteri Kesehatan.

Ada banyak harapan dan ekspektasi di pundak BGS. Karena ada banyak tugas di Kementerian Kesehatan yang perlu ditangani secara serius. Selain masalah rutin yang dihadapi setiap tahun, pandemi Covid-19 menjadi persoalan yang tidak mudah diatasi oleh Menkes baru.

"Kan banyak orang yang meragukan Pak BGS. Sebetulnya keraguan itu beralasan. Sebab, BGS bukan dari kalangan dunia kesehatan. Ini agak berbeda dengan kebiasaan sebelum-sebelumnya, di mana Menkes selalu berasal dari profesional di bidang kedokteran,” ucap Saleh kepada Kantor Berita Politik RMOL, Rabu (23/12).

Legislator asal Sumut ini mengatakan, untuk itu BGS harus membuktikan kepada masyarakat bahwa dirinya mampu memberi hasil terbaik di dunia kesehatan.

"Keraguan itu harus dijawab oleh Pak BGS. Pak BGS tentu sudah memahami bahwa tugas sebagai Menkes sangat berat. Terutama di masa pandemi Covid-19 seperti saat ini,” imbuhnya.

Saleh meyakini dengan pengalaman dalam memimpin berbagai lembaga sebelumnya, tugas memimpin Kemenkes akan dapat dijalankan dengan baik oleh BGS.

“Setidaknya, dari aspek manajerial, BGS tentu tidak diragukan. Tinggal bagaimana agar hal itu bisa diimplementasikan dalam memimpin Kementerian Kesehatan. Bagi saya, Pak Terawan itu sudah lumayan bagus. Walau begitu, beliau tetap diganti. Nah, kita semua berasumsi bahwa Pak BGS pasti lebih bagus. Itu tantangan yang harus dibuktikan oleh BGS,” katanya.

Politikus PAN ini berharap, di tangan BGS, Covid-19 segera usai dan perekonomian kembali bangkit.

"Masyarakat tentunya menunggu pelayanan kesehatan yang lebih baik. Semua berharap agar kita segera lepas dari kungkungan Covid-19. Dengan begitu, perekonomian kita lambat laun akan semakin membaik,” tutupnya. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA