Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Dewan Kehormatan PWI Minta Wartawan Bekerja Profesional Dan Patuh Kode Etik

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/widian-vebriyanto-1'>WIDIAN VEBRIYANTO</a>
LAPORAN: WIDIAN VEBRIYANTO
  • Kamis, 24 Desember 2020, 08:50 WIB
Dewan Kehormatan PWI Minta Wartawan Bekerja Profesional Dan Patuh Kode Etik
Ketua DK PWI Ilham Bintang/Net
rmol news logo Pusaran kancah politik semakin dinamis dan terkadang keras. Untuk itu, wartawan diminta menjaga jarak dengan kepentingan politik dan meletakkan kepentingan masyarakat di atas segalanya.

Begitu pernyataan Dewan Kehormatan Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Pusat dalam Catatan Akhir Tahun 2020 yang dirilis seusai mengadakan rapat pada Rabu (23/12). Rapat dihadiri oleh Ketua DK PWI Ilham Bintang, Sekretaris Sasongko Tedjo, anggota DK Tri Agung Kristanto, Rajapane, dan Nasihin Masha.

Dalam hal ini, Dewan Kehormatan PWI Pusat menyerukan kepada seluruh wartawan dan insan pers untuk senantiasa menjaga martabat profesi agar senantiasa dipercaya publik.

Saat ini, profesi wartawan dan kewartawanan terancam terdegradasi apabila tak mampu menjaga ruh dan prinsip-prinsip dasar kewartawanan. Sebab, perkembangan media dengan multiplatform dan juga agresivitas konten media sosial semakin tak terkendali

"Kita lahir dan eksis dari kepercayaan publik, bekerja untuk publik, bukan untuk pemerintah atau sebaliknya kelompok kepentingan di masyarakat,” kata Ilham Bintang.

Ilham Bintang meminta agar wartawan tetap bekerja profesional, berpegang teguh kepada kode etik jurnalistik, dan kode perilaku wartawan.

Dia juga meminta aparat keamanan untuk tidak memberikan tekanan terhadap pers dalam melaksanakan tugasnya. Ilham Bintang mengingatkan bahwa pekerjaan wartawan dilindungi UU.

Ilham Bintang meminta Dewan Pers untuk menjaga situasi dengan mempertahankan prinsip-prinsip kewartawanan dan tidak hanya mengutamakan prosedur administratif dalam menilai keabsahan media dan wartawan.

“Yang harus dijaga menurut ketentuan UU Pers 40/1999 wartawan bekerja pada  lembaga pers harus berbadan hukum dan mentaati kode etik jurnalistik,” tekannya.

Terakhir, Dewan Kehormatan PWI Pusat berharap wartawan dan pers turut berperan dalam mengatasi krisis pandemi.

“Masyarakat masih perlu terus diedukasi dan di sisi lain kebijakan serta langkah langkah pemerintah perlu terus dikontrol dan dikritisi,” kata Ilham Bintang. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA