Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Tantangan Besar Menteri Agama: Menjaga Toleransi Dan Kepemimpinan Antikorupsi

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/raiza-andini-1'>RAIZA ANDINI</a>
LAPORAN: RAIZA ANDINI
  • Kamis, 24 Desember 2020, 10:49 WIB
Tantangan Besar Menteri Agama: Menjaga Toleransi Dan Kepemimpinan Antikorupsi
Menteri Agama, Yaqut Cholil Qoumas, langsung mendapat banyak pekerjaan berat terkait toleransi dan pencegahan korupsi/Humas Kemenag
rmol news logo Menjaga toleransi antarumat beragama dinilai menjadi salah satu tantangan besar bagi Menteri Agama (Menag) Yaqut Cholil Qoumas yang baru saja dilantik Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada Rabu kemarin (23/12).

“Saya ingin mengingatkan bahwa menteri agama adalah menteri untuk semua agama dan keyakinan," ujar Direktur Eksekutif Setara Institute, Ismail Hasani, kepada wartawan, Kamis (24/12).

Karena itu, lanjut Ismail, salah satu tantangan yang harus dijawab menteri agama pengganti Fachrul Razi itu adalah memberikan pelayanan keagamaan, baik itu dalam kegiatan keagamaan maupun pendidikan keagamaan untuk semua agama kepercayaan.

“Yang kedua, saya berharap menteri agama menjalankan kepemimpinan toleransi, antikorupsi, dan melayani," tegasnya.

Ismail menambahkan, isu toleransi sudah sejak lama menjadi tantangan pemerintah. Menjadi salah satu pekerjaan rumah (PR) Kementerian Agama selain Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) dan Kepolisian.

"Dan ini harus ditangani dan direspons secara baik oleh Menteri Agama baru, dan dengan menggunakan cara-cara yang demokratis. Tidak seperti Pak Fachrul Razi sebelumnya misalnya, visi menangani toleransi memang ada tapi cara-cara yang ditawarkannya adalah cara-cara yang kurang demokratis, seperti sertifikasi ulama, penyediaan bacaan khutbah dan lain sebagainya. Ini saya kira sesuatu yang mengikis jaminan kebebasan sipil warga," ujarnya.

Adapun tantangan lain yang harus dijawab Yaqut Cholil Qoumas, kata Ismail, adalah mengenai 421 produk hukum daerah yang diskriminatif dan 72 produk hukum daerah yang intoleran.

Diakuinya bahwa masalah Perda-perda diskriminatif itu merupakan kewenangan langsung dari Kemendagri.

"Tetapi karena sebagian besar bahkan bisa dikatakan semua Perda-perda ini berhubungan dengan soal kehidupan keagamaan atau diskriminasi-diskriminasi berbasis agama dan keyakinan, maka saya kira menteri Yaqut harus memberikan perhatian bagaimana kemudian mengambil prakarsa mengatasi persoalan Perda-perda diskriminatif. Karena Perda-perda inilah di lapangan menjadi justifikasi, menjadi pembenaran praktik-praktik diskriminasi," jelasnya.

Tantangan selanjutnya mengenai kepemimpinan antikorupsi. Ismail mengatakan, Yaqut Cholil Qoumas harus mampu menggiatkan atau mengakselerasi reformasi birokrasi Kemenag. Dia mengingatkan bahwa Kemenag memiliki sekitar 450 ribu pegawai.

"Karena ini salah satu urusan kementerian, urusan negara, urusan pemerintahan. Maksud saya, yang tidak diserahkan ke Pemerintah Daerah, didesentralisasikan, itu soal agama, karena itu birokrasinya besar, 450 ribu pegawai. Dan ini belum memperoleh penanganan serius dari menteri-menteri sebelumnya, bagaimana kemudian birokrasi Kemenag ini bekerja lebih progresif dan tentu saja bersih," tuturnya.

Ditambahkan Ismail, satuan-satuan kerja di bawah Kemenag termasuk perguruan tinggi harus betul-betul dipastikan menjalankan reformasi birokrasi yang sungguh-sungguh, bukan hanya sekadar memasang spanduk wilayah bebas korupsi ataupun wilayah zona integritas.

Tetapi betul-betul harus tercermin dalam kinerja pegawai atau PNS Kemenag. Reformasi tata kelola di lingkungan Kemenag jadi PR serius bagi Yaqut Cholil.

Ismail juga mengingatkan, Kemenag termasuk salah satu kementerian dengan anggaran jumbo dalam setiap tahunnya. Sehingga hal ini menuntut pertanggungjawaban yang sangat serius.

Menurut Ismail, jangan berpikir kalau tidak tertangkap tangan oleh KPK, maka artinya tidak ada korupsi. Sebab, kata dia, orientasi pencegahan korupsi tidak melulu dengan penangkapan.

"Jadi saya berharap menteri agama mampu menjalankan kepemimpinan toleransi, antikorupsi, dan melayani. Dengan demikian akan menjawab konsen yang menjadi perhatian Pak Jokowi sebagaimana tertuang dalam visi misinya," demikian Ismail Husaini. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA