Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Penunjukan 6 Menteri Baru Jokowi Dinilai Lebih Kental Muatan Politisnya

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/angga-ulung-tranggana-1'>ANGGA ULUNG TRANGGANA</a>
LAPORAN: ANGGA ULUNG TRANGGANA
  • Sabtu, 26 Desember 2020, 00:31 WIB
Penunjukan 6 Menteri Baru Jokowi Dinilai Lebih Kental Muatan Politisnya
Enam menteri baru Jokowi/Net
rmol news logo Penunjukan enam menteri baru yang dilantik Presiden Joko Widodo pada Rabu (23/12) lalu lebih kental muatan politisnya.

Demikian pendapat Direktur Romeo Strategic Research & Consulting (RSRC) A. Khoirul Umam saat berbincang dengan Kantor Berita Politik RMOL, Jumat (25/12).

Umam mengatakan, bergabungnya Sandiaga Salahudin Uno menjadi Menparekraf karena kontribusinya dalam memenangkan menantu Jokowi, Bobby Nasution.

Selain itu, Umam melihat dipilihnya mantan Cawapres ini juga sebagai kompensasi atas pertarungan lama pada Pemilihan Presiden 2019 lalu.

"Sandiaga Uno juga telah mencoba ikut mendorong pemenangan anak dan menantu Jokowi saat Pilkada 9 Desember lalu," demikian kata Umam kepada Kantor Berita Politik RMOL, Jumat (25/12).

Lebih lanjut Umam menganalisa, masuknya Tri Rismaharini sebagai Menteri Sosial merupakan momentum pembuktian ulang kader PDUP yang sebelumnya telah mencoreng nama partai karena tertangkap Komisi Pemberantasan Korupsi.

Umam juga menilai bergabungnya Yaqut Cholil Qoumas tidak hanya merepresentasikan Partai Kebangkitan Bangsa (PKB).

Dosen Universitas Paramadina ini berpandangan, ditunjukkan Ketum PP GP Ansor ini lebih pada upaya untuk membendung gejolak di internal Pengurus Besar Nahdlatul Ulama yang kecewa terhadapa pemerintahan Jokowi.

Sebabnya, dijelaskan Umam karena tidak memberikan slot kursi menteri pada perwakilan PBNU.

"Penempatan Gus Yaqut tidak hanya diposisikan sebagai representasi  PKB, tetapi juga untuk meredam gejolak di internal PBNU yanh belakangan kecewa terhadap pemerintahan Jokowi karena dinilai tidak memberikan slot kementerian kepada wakil PBNU," demikian analisa Umam.

Selian itu, Umam juga melihat bawah sosok Sakti Wahyu Trenggono yang mendapatkan jatah Menteri Keluatan dan Perikanan arena kedekatannya dengan elite PDIP dan Gerindra.

Umam juga memprediksi bergabungnya M Lutfi selaku Mendag lebih dikarenakan kedekatannya dengan Menteri BUMN Erick Thohir yang notabene adalah ketua Tim Kampanye Nasional Jokowi Maruf Amin pada 2019 silam. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA