Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Tinjau Bandara Soetta, Menhub Apresiasi Layanan Tes Covid-19

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/ahmad-kiflan-wakik-1'>AHMAD KIFLAN WAKIK</a>
LAPORAN: AHMAD KIFLAN WAKIK
  • Sabtu, 26 Desember 2020, 13:43 WIB
Tinjau Bandara Soetta, Menhub Apresiasi Layanan Tes Covid-19
Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi meninjau Airport Health Center di Bandara Internasional Soekarno-Hatta/Net
rmol news logo Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi meninjau Airport Health Center di Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten.

Menhub Budi meninjau Airport Health Center Terminal 2 yang terletak di Stasiun Skytrain untuk meninjau proses calon penumpang pesawat dalam melakukan tes Covid-19. Dari Terminal 2, kemudian menuju Airport Health Center Terminal 3 di SMMILE Center..

Setelah melihat rangkaian proses tersebut, Budi mengapreasiasi kolaborasi di antara stakeholder bandara sehingga pelaksanaan tes Covid-19 di Bandara Soekarno-Hatta berjalan lancar.

Dia juga mengapresiasi cukup banyaknya lokasi tes Covid-19 yang tersebar di 8 titik di Bandara Soekarno-Hatta, serta 3 alternatif yang dapat dipilih calon penumpang pesawat untuk melakukan tes yaitu pre-order service, drive thru service dan walk in service, sehingga pelaksanaan tes dapat terdistribusi dengan baik.

“Apa yang dilakukan AP II bersama KKP (Kantor Kesehatan Pelabuhan Kementerian Kesehatan) dan TNI/Polri berjalan dengan baik untuk menjaga protokol kesehatan di Bandara Soekarno-Hatta. Kami meminta AP II secara konsisten meningkatkan layanan agar tidak terjadi antrean,” ujar Budi, Sabtu (26/12).

Budi menuturkan bagi calon penumpang yang diketahui hasil tesnya positif setelah diperiksa di Airport Health Center maka dapat melakukan pengembalian tiket.

“Ada beberapa yang dinyatakan positif, kami perlakukan dengan baik, maka perjalanan tidak bisa dilanjutkan. Yang bersangkutan dapat melakukan reschedule perjalanan atau mendapatkan refund dengan harga sesuai yang dibayar,” jelasnya.

Di tempat yang sama, President Director PT Angkasa Pura II Muhammad Awaluddin mengatakan jika diketahui terdapat calon penumpang pesawat dengan hasil tes positif maka yang bersangkutan akan diarahkan untuk menuju ruang isolasi/ruang kesehatan.

“Ketika diketahui hasil rapid test antigen dari calon penumpang pesawat adalah positif, maka paling pertama dilakukan adalah membawa yang bersangkutan keluar dari Airport Health Center untuk diarahkan ke ruang isolasi/ruang kesehatan," ujarnya.

“Kemudian, koordinasi akan dilakukan dengan pihak terkait lainnya. Yang jelas, calon penumpang bersangkutan tidak diperkenankan untuk melakukan penerbangan,” imbuhnya.

Setelah itu, dilakukan sterilisasi dengan penyemprotan cairan disinfektan di area Airport Health Center.

Muhammad Awaluddin mengatakan, peran Airport Health Center cukup vital dalam turut serta mendukung pelaksanaan tes Covid-19 di mana segmennya adalah untuk calon penumpang pesawat.

Airport Health Center di bandara-bandara PT Angkasa Pura II, termasuk di Bandara Soekarno-Hatta, dikelola secara profesional oleh mitra yang memiliki kompetensi yaitu Kimia Farma dan Indofarma.

Fasilitas di Airport Health Center pun memenuhi standar yang ditetapkan, seperti standar ruangan pengambilan sampel, serta penggunaan alat rapid test dan PCR test yang hanya telah mendapat izin edar dari pemerintah. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA