Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

TDMRC Rekomendasikan Comunity Base Early Warning Untuk Tanggap Bencana Di Indonesia

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/faisal-aristama-1'>FAISAL ARISTAMA</a>
LAPORAN: FAISAL ARISTAMA
  • Sabtu, 26 Desember 2020, 20:47 WIB
TDMRC Rekomendasikan <i>Comunity Base Early Warning</i> Untuk Tanggap Bencana Di Indonesia
Koordinator Klaster Riset Disaster Education and Management (TDMRC), Rina Suryani Oktari/Net
rmol news logo Membangun kesiapsiagaan bencana berbasis masyarakat atau comunity base sangat diperlukan. Sebab, dengan comunity base masyarakat akan mudah merespons bencana alam dengan cepat dan tepat.

Demikian disampaikan Koordinator Klaster Riset Disaster Education and Management (TDMRC), Rina Suryani Oktari saat menjadi narasumber dalam serial diskusi daring Kantor Berita RMOL Aceh bertajuk "Siaga di Negeri Bencana" pada Sabtu (25/12).

"Karena ketika kita mengandalkan pada sebuah teknologi pasti akan terjadi error, pasti banyak kekurangannya. Sehingga yang paling efektif adalah bagaimana bisa membangun kesiapsiagaan yang berbasis masyarakat," ujar Rina Suryani.

Atas dasar itu, Rina menyatakan pihaknya sangat merekomendasikan comunity base early warning untuk melakukan mitigasi kebencanaan di Indonesia agar lebih efektif.

"Jadi membangun bagaimana sistem peringatan dini yang berbasis masyarakat. Yang lebih mudah dipahami, lebih cepat," tuturnya.

"Karena tadi, early warning system yang paling penting itu adalah end to end, artinya dipahami oleh masyarakat dan masyarakat mampu meresponnya secara cepat dan tepat," demikian Rina. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA