Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Mahfud MD: Kalau Mau Objektif, KPK Sekarang Lebih Berprestasi Ketimbang Era Agus Rahardjo

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/jamaludin-akmal-1'>JAMALUDIN AKMAL</a>
LAPORAN: JAMALUDIN AKMAL
  • Senin, 28 Desember 2020, 00:33 WIB
Mahfud MD: Kalau Mau Objektif, KPK Sekarang Lebih Berprestasi Ketimbang Era Agus Rahardjo
Menko Polhukam saat menjadi narasumber di acara majelis nasional KAHMI/Repro
rmol news logo Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) dianggap lebih banyak prestasinya pada tahun pertama kepemimpinan Firli Bahuri Dkk dibanding kepemimpinan Agus Rahardjo Dkk.

Hal itu disampaikan oleh Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD saat menjadi Keynote Speaker selaku Ketua Dewan Pakar Majelis Nasional (MN) KAHMI di acara Webinar Dewan Pakar MN KAHMI, Minggu malam (27/12).

Dalam acara ini, awalnya Mahfud menyebutkan bahwa pemerintah saat ini selalu berada dalam situasi yang serba salah dibanding pemerintah sebelumnya.

Bahkan, Mahfud MD membeberkan beberapa persoalan yang membuat pemerintah jadi serba salah.

Diantaranya, mulai dari putusan Mahkamah Agung (MA) terhadap koruptor, UU Haluan Ideologi Pancasila (HIP), dan persoalan lembaga lain yang membuat pemerintah tidak bisa berbuat apa-apa.

Selain persoalan itu kata Mahfud, juga ada persoalan penanganan korupsi oleh KPK.

"Sama juga ketika penanganan masalah korupsi misalnya. KPK dianggap lemah, lalu pemerintah yang dituding," ujar Mahfud MD seperti dikutip Kantor Berita Politik RMOL, Minggu malam (27/12).

Padahal kata Mahfud, pemerintah telah mengatakan bahwa KPK merupakan lembaga yang independen.

Mahfud pun kemudian memberikan perbandingan prestasi antara KPK saat ini dibanding dengan KPK kepemimpinan era Agus Rahardjo.

"Meskipun sebenarnya saudara, kalau mau kita objektif, tahun pertama KPK yang sekarang kalau dibandingkan dengan tahun pertama KPK sebelumnya, itu objektifnya jauh lebih banyak sekarang prestasinya," ungkap Mahfud.

"Kita ingat ketika Pak Agus Rahardjo dulu menjadi ketua KPK pertama, bersama Saut dan sebagainya itu kan tahun pertama juga gak bisa berbuat apa-apa," sambung Mahfud.

Namun masih kata Mahfud, pada kepemimpinan KPK era Firli Bahuri ini, pada tahun pertama sudah berani menangkap Menteri, anggota DPR, DPRD, Bupati, Walikota dan lainnya.

"Nah ini (era Firli Bahuri) setahun sudah bisa berani menangkap menteri, DPD, DPR, DPRD, Bupati Walikota juga ditangkapin juga, lebih banyak sekarang ini sebenarnya ya," kata Mahfud.

Namun demikian, publik kata Mahfud, tetap menganggap bahwa KPK saat ini lebih jelek prestasinya dibanding KPK sebelumnya.

"Kita sudah mengatakan KPK itu adalah lembaga di dalam rumpun eksekutif, tetapi bukan bagian dari Lembaga eksekutif. Seperti KPU juga, KPU, Komnas HAM itu kan rumpunnya eksekutif, tapi bukan bagian apalagi bawahan dari eksekutif. Itu satu yang menyebabkan kita seperti merasakan serba salah," pungkasnya.rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA