Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Bertemu Sultan Deli XIV, Ini Janji Gubernur Sumut

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/agus-dwi-1'>AGUS DWI</a>
LAPORAN: AGUS DWI
  • Rabu, 30 Desember 2020, 10:55 WIB
Bertemu Sultan Deli XIV, Ini Janji Gubernur Sumut
Gubernur Sumatera Utara Edy Rahmayadi (kanan) dan Sultan Deli XIV Tuanku Aji/Net
rmol news logo Pemerintah Provinsi Sumatera Utara akan terus berupaya menjaga dan melestarikan semua situs sejarah serta kebudayaan yang ada di Sumut, termasuk warisan kebudayaan Kesultanan Deli.
Selamat Menunaikan Ibadah Puasa

Demikian disampaikan Gubernur Sumut, Edy Rahmayadi, saat menerima kunjungan Sultan Deli XIV, Seripaduka Baginda Tuanku Sultan Mahmud Aria Lamantjiji Perkasa Alam Shah (Tuanku Aji), di Rumah Dinas Gubernur Sumut, Jalan Jenderal Sudirman Medan, Selasa (29/12).

Kunjungan ini merupakan silaturahim Tuanku Aji yang sudah sebulan berada di Kota Medan.

Dalam pertemuan tersebut, Edy dan Tuanku Aji berdiskusi tentang sosial dan budaya Melayu di Sumut. Bahkan, Edy mengaku siap membantu mengembalikan dan melestarikan kebudayaan Kesultanan Deli.

“Saya (Pemprov Sumut) siap membantu terus menjaga dan mengembalikan serta melestarikan kebudayaan Melayu Deli ini, bila Tuanku Aji ada mengeluarkan titah, agar seluruh warisan budaya untuk diambil dan dikembalikan lagi ke Kesultanan,” ucap Edy didampingi Asisten Administrasi Umum dan Aset Pemprovsu M Fitriyus.

Titah ini, menurut Edy, hanya upaya menghindari terjadinya kesalahpahaman pada masyarakat, bahwa ada kepentingan nantinya dalam upaya pengembalian seluruh peninggalan sejarah dan sebagainya di Kesultanan Deli.

Edy pun meminta Tuanku Aji mengumpulkan seluruh Sultan di Sumut untuk membicarakan hal ini, agar ditemukan kata mufakat.

“Saya pastikan, sebagai Gubernur tidak ada kepentingan politik dalam menjaga kelestarian budaya ini. Saat ini saya berbicara sosial dan budaya. Saya tidak mau dengan ucapan yang sekarang ini ‘Melayu Tinggal Nama’. Makanya kita lestarikan budaya Melayu, agar Sumut memiliki warna,” katanya, dikutip Kantor Berita RMOLSumut.

Sementara itu, Sultan Deli XIV mengaku sangat berharap Pemprov Sumut dapat membantu pihaknya untuk mengembalikan peninggalan sejarah sekaligus juga menjaga kelestarian kebudayaan Melayu Deli.

“Saya berterima kasih bila Bapak Gubernur dapat membantu kita untuk mengembalikan peninggalan sejarah yang ada dulunya serta membantu pelestarian budaya Melayu Deli saat ini,” ucap Tuanku Aji.

Menurut Tuanku Aji, dirinya akan kembali ke Kota Medan serta berupaya mengabdi dan membantu pembangunan di Sumut nantinya seusai menyelesaikan studi. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA