Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Pengamat: Calon Kapolri Ke Depan Punya Chemistry Dengan Jokowi

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/idham-anhari-1'>IDHAM ANHARI</a>
LAPORAN: IDHAM ANHARI
  • Rabu, 30 Desember 2020, 20:35 WIB
Pengamat: Calon Kapolri Ke Depan Punya Chemistry Dengan Jokowi
Kapolri Jenderal Idham Azis saat melantik Komjen Listyo Sigit Prabowo sebagai Kabareskrim/Net
rmol news logo Direktur Eksekutif Etos Indonesian Institute, Iskandarsyah berpandangan, Presiden Joko Widodo telah mengantongi calon Kapolri pengganti Jenderal Idham Azis yang bakal pensiun pada Februari 2021 mendatang.

Iskandarsyah yakin, nama calon Kapolri yang telah di kantongi Jokowi ialah Komjen Listyo Sigit Prabowo. Jenderal bintang tiga itu, kata Iskandarsyah memiliki rekam jejak yang sangat baik selama mengabdi kepada negara terutama institusi Polri.

“Sejauh ini saya melihat Pak Sigit punya portofolio dan track record yang sangat bagus sangat baik. Secara Integritas, Loyalitas beliau sudah teruji," kata dia dalam diskusi virtual bertajuk “Sustainable Polri” yang diselenggarakan Jaringan Aktivis Muslim Indonesia (JAMMI) Rabu, (30/12).

Ia sebelumnya juga membeberkan hasil catatan jumlah nama-nama yang masuk dalam bursa calon kapolri kali ini. Ada 10 orang Komjen dalam bursa calon Kapolri mengantikan Kapolri Idham Azis.

"Itu menurut catatan kami 6 orang di antaranya bertugas di Internal dan 4 orang di luar antara lain di BNPT, BIN, BSSN,” sambungnya.

Menurutnya, diantara nama-nama yang disebutkan memiliki kekuatan dan potensi yang baik dan unggul dalam memimpin institusi polri kedepannya. Namun, lanjutnya hal demikian tetap menjadi hak perogratif presiden sebagai kepala negara dan kepala pemerintahan.

“Dalam hal ini saya melihat semua calon punya kekuatan dan punya potensi untuk memimpin Institusi Kepolisian, tapi kembali lagi sebenarnya ini hak progratif Presiden Jokowi. Presiden nyaman dengan siapa? chemistry cocok dengan siapa?” papar Iskandarsyah.

Lebih jauh Iskandarsyah menyatakan nama Listyo Sigit Prabowo meroket dikarenakan dirinya sejak lama mengawal presiden baik semasa menjabat Wali Kota Solo, Gubernur DKI Jakarta hingga menjadi RI 1. Namun demikian kata iskandar tergantung kenyamanan dan pilihan presiden Joko Widodo dalam memilih Kapolri menggantikan Idham Azis.

“Disisi yang lain banyak sekali publik membicarakan soal sosok Listyo Sigit Prabowo yang sudah sejak lama bersama Pak Presiden mulai dari Solo ke DKI-1 dan RI-1 jadi sebenarnya Pak Sigit yang lebih bertemu chemistry-nya dengan Pak Presiden” pungkasnya. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA